Sinopsis Buku: Buku ini merupakan hasil dari Program Pengabdian Kepada Masyarakat yang didanai oleh LPPM UNSOED pada tahun 2020, dengan judul *Matematika Tusuk Sate untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Mata Pelajaran Matematika*. Buku ini dirancang untuk menjadi alat bantu pembelajaran matematika yang inovatif dan menyenangkan, khususnya bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar. Buku ini terdiri dari lima bab yang saling terkait dan berisi materi pembelajaran matematika yang dirancang dengan pendekatan konkret, semi konkret, dan abstrak. Bab 1 menjelaskan tentang alat peraga tusuk sate, yang merupakan alat bantu pembelajaran yang efektif dalam memvisualisasikan konsep matematika. Bab 2 membahas penggunaan tusuk sate dalam menyelesaikan perkalian satuan dengan satuan, serta menjelaskan konsep dasar perkalian sebagai penjumlahan berulang, nilai tempat, dan konsep menyimpan. Pengembangan konsep tersebut dilanjutkan pada Bab 3 dan Bab 4, yang masing-masing membahas perkalian satuan dengan puluhan, puluhan dengan satuan, serta perkalian bilangan puluhan dengan puluhan. Bab 5 menjelaskan secara rinci tahapan pembelajaran konkret, semi konkret, dan abstrak dalam proses perkalian, yang merupakan pendekatan pembelajaran yang mendukung pemahaman siswa secara bertahap dan mendalam. Buku ini diharapkan mampu memberikan warna baru dalam proses pembelajaran matematika di Sekolah Dasar, dengan menggabungkan konsep matematika yang abstrak dengan alat peraga yang sederhana namun efektif. Buku ini tidak hanya memberikan penjelasan yang jelas, tetapi juga memfasilitasi kegiatan belajar-mengajar yang interaktif dan meningkatkan motivasi siswa dalam belajar matematika.
Apabila para siswa sudah mahir dengan penggunaan alat peraga tusuk sate pada tahap semi konkret para siswa tidak perlu lagi menggunakan bantuan alat peraga untuk menghitung hasil perkalian Alat peraga tusuk sate dapat digantikan dengan diagram kotak yang prinsip kerjanya sama seperti tusuk sate Tahap pertama dan kedua pada umumnya tidak diajarkan di ruang kelas Inovasi berupa penggunaan tusuk sate dan diagram kotak diharapkan dapat mengantarkan siswa agar mendapatkan kemudahan dalam menentukan hasil kali menggunakan metode susun ke bawah
Jumlah Halaman | 91 |
---|---|
Kategori | Matematika dan Sains |
Penerbit | Bintang Pustaka Madani |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-6209-41-7 |
eISBN | 978-623-6209-83-7 |