Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang proses pembelajaran sains dalam konteks kelas yang memiliki kemampuan siswa yang heterogen. Penulis menjelaskan bahwa dalam pembelajaran sains, guru memainkan peran penting dalam membimbing siswa untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, penulis mengusulkan pendekatan berkelompok dengan memanfaatkan perbedaan kemampuan siswa. Dalam satu kelompok, siswa dibagi menjadi tiga peran utama: *reider* (siswa dengan kemampuan tertinggi), *challenger 1*, *challenger 2*, dan *challenger 3* (siswa dengan kemampuan rendah). Pendekatan ini bertujuan untuk memfasilitasi kolaborasi, kompetisi sehat, serta pemahaman konsep sains yang lebih dalam melalui interaksi aktif antara siswa dan guru. Selain itu, buku ini juga menyajikan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran sains, menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa belum mencapai standar ketuntasan belajar minimal yang ditetapkan. Oleh karena itu, penulis menekankan perlunya perbaikan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Buku ini juga mencakup pembahasan hasil penelitian, perubahan perilaku siswa, dan kesimpulan dari penelitian yang dilakukan. Dengan pendekatan yang komprehensif dan berbasis penelitian, buku ini memberikan panduan praktis bagi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran sains di kelas.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang proses pembelajaran sains dalam konteks kelas yang memiliki kemampuan siswa yang heterogen. Penulis menjelaskan bahwa dalam pembelajaran sains, guru memainkan peran penting dalam membimbing siswa untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, penulis mengusulkan pendekatan berkelompok dengan memanfaatkan perbedaan kemampuan siswa. Dalam satu kelompok, siswa dibagi menjadi tiga peran utama: *reider* (siswa dengan kemampuan tertinggi), *challenger 1*, *challenger 2*, dan *challenger 3* (siswa dengan kemampuan rendah). Pendekatan ini bertujuan untuk memfasilitasi kolaborasi, kompetisi sehat, serta pemahaman konsep sains yang lebih dalam melalui interaksi aktif antara siswa dan guru. Selain itu, buku ini juga menyajikan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran sains, menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa belum mencapai standar ketuntasan belajar minimal yang ditetapkan. Oleh karena itu, penulis menekankan perlunya perbaikan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Buku ini juga mencakup pembahasan hasil penelitian, perubahan perilaku siswa, dan kesimpulan dari penelitian yang dilakukan. Dengan pendekatan yang komprehensif dan berbasis penelitian, buku ini memberikan panduan praktis bagi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran sains di kelas.
Jumlah Halaman | 50 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-623-217-625-6 |
eISBN |