Sinopsis Buku: Buku ini merupakan kumpulan tulisan-tulisan opini yang ditulis oleh Naharuddin, seorang guru dan petani yang tinggal di desa. Tulisan-tulisan ini dimulai sejak tahun 2015 dan dihimpun secara bertahap menjadi satu karya yang terbit dalam bentuk buku. Buku ini berisi refleksi dan pandangan kritis terhadap berbagai isu pendidikan dan sosial yang relevan dengan konteks zaman revolusi 4.0. Dalam buku ini, penulis mengungkapkan kegelisahan dan kepeduliannya terhadap peran guru sebagai pendidik yang tidak hanya mengajar, tetapi juga mendidik. Penulis menekankan bahwa pendidikan bukan hanya transfer pengetahuan, tetapi juga transfer nilai-nilai yang mendasar. Buku ini juga membahas berbagai tantangan yang dihadapi guru dalam melaksanakan tugasnya, seperti kekerasan yang sering terjadi di lingkungan pendidikan, serta upaya-upaya untuk membangun kesadaran dan semangat pembelajaran di kalangan peserta didik. Selain itu, buku ini juga menyajikan pandangan tentang pentingnya pendidikan karakter, peran sosiologi dalam membentuk generasi yang lebih inklusif, serta upaya-upaya untuk menciptakan lingkungan sekolah yang ramah anak. Buku ini juga membahas isu-isu seperti rekrutmen kepala sekolah yang berintegritas, sistem zonasi dalam pendidikan, dan peran pendidikan dalam membangun semangat persatuan dan kejujuran di tengah tantangan digital. Dengan pendekatan yang tulus dan berbasis pengalaman langsung, buku ini menjadi kontribusi penulis dalam membangun kesadaran dan semangat pembelajaran bagi para guru dan peserta didik di tengah perubahan zaman yang cepat dan kompleks.
Sinopsis Buku: Buku ini merupakan kumpulan tulisan-tulisan opini yang ditulis oleh Naharuddin, seorang guru dan petani yang tinggal di desa. Tulisan-tulisan ini dimulai sejak tahun 2015 dan dihimpun secara bertahap menjadi satu karya yang terbit dalam bentuk buku. Buku ini berisi refleksi dan pandangan kritis terhadap berbagai isu pendidikan dan sosial yang relevan dengan konteks zaman revolusi 4.0. Dalam buku ini, penulis mengungkapkan kegelisahan dan kepeduliannya terhadap peran guru sebagai pendidik yang tidak hanya mengajar, tetapi juga mendidik. Penulis menekankan bahwa pendidikan bukan hanya transfer pengetahuan, tetapi juga transfer nilai-nilai yang mendasar. Buku ini juga membahas berbagai tantangan yang dihadapi guru dalam melaksanakan tugasnya, seperti kekerasan yang sering terjadi di lingkungan pendidikan, serta upaya-upaya untuk membangun kesadaran dan semangat pembelajaran di kalangan peserta didik. Selain itu, buku ini juga menyajikan pandangan tentang pentingnya pendidikan karakter, peran sosiologi dalam membentuk generasi yang lebih inklusif, serta upaya-upaya untuk menciptakan lingkungan sekolah yang ramah anak. Buku ini juga membahas isu-isu seperti rekrutmen kepala sekolah yang berintegritas, sistem zonasi dalam pendidikan, dan peran pendidikan dalam membangun semangat persatuan dan kejujuran di tengah tantangan digital. Dengan pendekatan yang tulus dan berbasis pengalaman langsung, buku ini menjadi kontribusi penulis dalam membangun kesadaran dan semangat pembelajaran bagi para guru dan peserta didik di tengah perubahan zaman yang cepat dan kompleks.
Jumlah Halaman | 204 |
---|---|
Kategori | Umum |
Penerbit | Hikam Pustaka |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | - |
eISBN | 978-623-6843-34-5 |