Sinopsis Buku: Buku ini merupakan karya kreatif yang dirancang untuk mengubah persepsi dan sikap pembaca terhadap matematika. Dengan pendekatan yang santai, santun, dan penuh kejutan, buku ini menyajikan serangkaian permainan dan masalah matematika yang menarik, disusun dalam bentuk percakapan antara dua atau lebih orang. Setiap bab menghadirkan tantangan dan keanehan yang mengajak pembaca untuk berpikir kritis, kreatif, dan terbuka terhadap konsep-konsep matematika. Dalam Bab 2, pembaca akan diajak untuk bermain dengan bidang-bidang geometris, seperti menentukan banyaknya bidang trapesium dalam persegi panjang, membagi tanah menjadi empat bidang sebangun, serta menjajaki jalan tanpa melewati jalan yang sama lebih dari satu kali. Di Bab 3, buku ini memperkenalkan keanehan bilangan, termasuk cara membuat petak ajaib berukuran ganjil. Setiap masalah disusun secara menarik dan dipadu dengan suasana santai, serius, dan gembira, sehingga memicu rasa penasaran dan keingintahuan pembaca. Buku ini ditujukan kepada pembaca tingkat sekolah dasar hingga menengah atas, sebagai bahan bacaan di waktu senggang. Dengan menyajikan matematika dalam bentuk permainan dan tantangan, buku ini bertujuan untuk membuka jalan bagi pembaca untuk merasa dekat dengan matematika, tanpa rasa tegang atau takut. Tujuan utama penulis adalah untuk merangsang keterbukaan sikap terhadap matematika, yang secara psikologis dapat meningkatkan keterbukaan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi, serta berkontribusi pada peningkatan martabat bangsa di bidang tersebut.
Banyak orang berpendapat bahwa matematika adalah ilmu yang sangat sukar dan menakutkan Akan tetapi ada sebagian orang yang mengakui bahwa matematika sangat berguna untuk ilmu dan pengetahuan lain matematika ilmu yang khas serta matematika itu indah Kesan kesan itu biasanya diperoleh dari pengalaman belajar karena tidak ada orang terpelajar yang tidak pernah berhadapan dengan matematika Pada halaman berikut disajikan sesuatu yang menarik Saudara Nasrullah yang cinta kepada matematika telah berhasil menghimpun banyak permainan matematika yang didasarkan pada pengetahuan dan pengalamannya sendiri Dalam upaya memopulerkan matematika Ia telah memilih jalan melalui permainan permainan itu dan ditujukan kepada para pembaca dari tingkat SD hingga tingkat SMA Tampak melalui permainan permainan itu penyusun bermaksud memberikan rasa biasa atau rasa dekat dengan matematika agar dalam belajar matematika di kelas dan di sekolah orang tidak perlu merasa tegang dan takut
Jumlah Halaman | 72 |
---|---|
Kategori | Matematika dan Sains |
Penerbit | Angkasa |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-979-665-627-1 |
eISBN | 978-623-340-157-9 |