Sinopsis Buku: Buku *Bentuk Pemasaran Kewirausahaan Sosial Pendidikan Non Formal* ini merupakan kumpulan tulisan hasil kajian lapangan dan diskusi kelompok dari mahasiswa yang mengambil mata kuliah *Bentuk Pemasaran Kewirausahaan Sosial Pendidikan Non Formal* pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Buku ini dirancang untuk menjadi referensi bagi kalangan umum maupun mahasiswa yang ingin memperdalam pemahaman tentang praktik pemasaran dalam konteks kewirausahaan sosial, terutama dalam bidang pendidikan non formal. Isi buku ini mencakup berbagai topik penting seperti model pemasaran dalam kewirausahaan sosial, motivasi berwirausaha, serta strategi pemasaran yang relevan dengan konteks sosial dan pendidikan non formal. Dalam buku ini, pembaca akan menemukan informasi tentang cara membangun dan mengelola kegiatan pemasaran yang efektif, serta bagaimana memanfaatkan berbagai alat dan teknik komunikasi pemasaran modern, seperti pemasaran digital dan penggunaan *influencer* untuk memperluas jangkauan dan dampak sosial dari usaha-usaha yang berorientasi sosial. Selain itu, buku ini juga membahas konsep-konsep seperti *pangsa pasar*, *rantai Markov*, dan *proses perilaku konsumen*, yang menjadi dasar dalam merancang strategi pemasaran yang berkelanjutan dan berbasis nilai sosial. Dengan pendekatan yang praktis dan relevan dengan kondisi nyata, buku ini berupaya memberikan wawasan yang mendalam dan aplikatif tentang bagaimana membangun usaha yang tidak hanya menguntungkan secara ekonomi, tetapi juga memberikan dampak sosial yang positif.
Menjadi seorang wirausaha sosial kini menjadi tren di tengah masyarakat di seluruh dunia termasuk di Indonesia Bahkan bisa dibilang para pekerja wirausaha sosial ini memiliki peran penting bagi perkembangan perekonomian negara Berdasarkan data pada akhir tahun 2018 2019 Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah menyatakan total bahwa jumlah wirausaha yang ada di Indonesia yakni 5 dari 3 tahun terakhir pada tahun 2017 2019 Dan dari 5 ini banyak wirausaha muda yang kini menggeluti dunia bisnis Secara umum buku ini membahas tentang para wirausaha sosial yang sedang meniti bisnisnya untuk berkembang Selain itu buku ini juga mengupas taktik dan strategi yang digunakan dalam mengembangkan bisnisnya Sehingga buku ini bisa dijadikan referensi bacaan khususnya bagi calon wirausaha sosial
Jumlah Halaman | 128 |
---|---|
Kategori | Sosial |
Penerbit | Inara Publisher |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-5970-62-2 |
eISBN | proses |