Sinopsis Buku: Buku *Belajar Seru Dengan Role Play* ini dirancang untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di Sekolah Menengah Pertama (SMP), khususnya dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Buku ini menyajikan pendekatan inovatif berupa metode *role play* yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan, kreativitas, dan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Dengan pendekatan ini, siswa tidak hanya menjadi penerima informasi, tetapi juga menjadi bagian aktif dalam membangun pengetahuan melalui interaksi dan komunikasi. Buku ini berisi analisis kondisi awal pembelajaran di SMP, di mana terdapat beberapa kendala seperti kurangnya minat siswa, metode pengajaran yang kurang menarik, dan belum optimalnya penggunaan sarana dan prasarana. Dari situasi tersebut, buku ini membahas siklus peningkatan pembelajaran yang melibatkan perbaikan metode pengajaran, penggunaan buku acuan yang lebih lengkap, serta peningkatan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Dengan penerapan metode *role play*, guru diharapkan mampu menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis, interaktif, dan mendukung perkembangan kemampuan berpikir kritis dan kolaboratif siswa. Buku ini juga memberikan rekomendasi untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran, khususnya dalam konteks sekolah yang memiliki siswa dengan kemampuan beragam, baik tinggi, sedang, maupun rendah. Melalui buku ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMP, serta menjadi referensi yang bermanfaat bagi para guru dan siswa dalam meningkatkan hasil belajar secara klasikal maupun individual.
Sinopsis Buku: Buku *Belajar Seru Dengan Role Play* ini dirancang untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di Sekolah Menengah Pertama (SMP), khususnya dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Buku ini menyajikan pendekatan inovatif berupa metode *role play* yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan, kreativitas, dan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Dengan pendekatan ini, siswa tidak hanya menjadi penerima informasi, tetapi juga menjadi bagian aktif dalam membangun pengetahuan melalui interaksi dan komunikasi. Buku ini berisi analisis kondisi awal pembelajaran di SMP, di mana terdapat beberapa kendala seperti kurangnya minat siswa, metode pengajaran yang kurang menarik, dan belum optimalnya penggunaan sarana dan prasarana. Dari situasi tersebut, buku ini membahas siklus peningkatan pembelajaran yang melibatkan perbaikan metode pengajaran, penggunaan buku acuan yang lebih lengkap, serta peningkatan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Dengan penerapan metode *role play*, guru diharapkan mampu menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis, interaktif, dan mendukung perkembangan kemampuan berpikir kritis dan kolaboratif siswa. Buku ini juga memberikan rekomendasi untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran, khususnya dalam konteks sekolah yang memiliki siswa dengan kemampuan beragam, baik tinggi, sedang, maupun rendah. Melalui buku ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMP, serta menjadi referensi yang bermanfaat bagi para guru dan siswa dalam meningkatkan hasil belajar secara klasikal maupun individual.
Jumlah Halaman | 72 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | PT. Mediaguru Digital Indonesia |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-602-497-428-2 |
eISBN |