Sinopsis Buku: Buku *Belajar Sejarah Kebudayaan Islam dengan Inquiry Learning Metode Diskusi Kelompok* ini merupakan hasil penelitian yang ditulis oleh Budi Hanif, dengan editor Siti Mugi Rahayu. Buku ini dirancang untuk memberikan panduan dan strategi pembelajaran berbasis pendekatan *Inquiry Learning* dengan metode diskusi kelompok, yang bertujuan meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam mempelajari sejarah kebudayaan Islam. Buku ini berisi berbagai bab yang membahas konsep dasar seperti motivasi belajar, faktor-faktor yang memengaruhi motivasi, tujuan motivasi, serta tingkatan motivasi. Selanjutnya, buku ini juga menjelaskan tentang hasil belajar, tujuan belajar, serta penerapan metode *Inquiry Learning* dalam pembelajaran kelompok. Penulis juga menyajikan hasil penelitian, pengamatan, dan pembahasan dari siklus I hingga siklus II, yang menunjukkan perbandingan peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik sebelum dan setelah penerapan metode tersebut. Dengan pendekatan yang menekankan keterlibatan aktif siswa, buku ini menjadi referensi yang bermanfaat bagi para pendidik dalam merancang dan merealisasikan pembelajaran yang menarik, kreatif, dan sesuai dengan perkembangan dunia pendidikan yang semakin dinamis dan progresif. Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di kalangan peserta didik.
Sinopsis Buku: Buku *Belajar Sejarah Kebudayaan Islam dengan Inquiry Learning Metode Diskusi Kelompok* ini merupakan hasil penelitian yang ditulis oleh Budi Hanif, dengan editor Siti Mugi Rahayu. Buku ini dirancang untuk memberikan panduan dan strategi pembelajaran berbasis pendekatan *Inquiry Learning* dengan metode diskusi kelompok, yang bertujuan meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam mempelajari sejarah kebudayaan Islam. Buku ini berisi berbagai bab yang membahas konsep dasar seperti motivasi belajar, faktor-faktor yang memengaruhi motivasi, tujuan motivasi, serta tingkatan motivasi. Selanjutnya, buku ini juga menjelaskan tentang hasil belajar, tujuan belajar, serta penerapan metode *Inquiry Learning* dalam pembelajaran kelompok. Penulis juga menyajikan hasil penelitian, pengamatan, dan pembahasan dari siklus I hingga siklus II, yang menunjukkan perbandingan peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik sebelum dan setelah penerapan metode tersebut. Dengan pendekatan yang menekankan keterlibatan aktif siswa, buku ini menjadi referensi yang bermanfaat bagi para pendidik dalam merancang dan merealisasikan pembelajaran yang menarik, kreatif, dan sesuai dengan perkembangan dunia pendidikan yang semakin dinamis dan progresif. Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di kalangan peserta didik.
Jumlah Halaman | 48 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Cipta Media Edukasi |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-290-047-9 |
eISBN |