Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan praktis dan inovatif bagi para guru yang menghadapi tantangan dalam mengaktifkan peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Buku ini dirancang sebagai alternatif model pembelajaran yang mampu meningkatkan keterlibatan, kreativitas, dan kepuasan peserta didik dalam proses belajar mengajar PPKn, yang sebelumnya seringkali dirasa membosankan. Buku ini menyajikan metode pembelajaran *Class Wide Peer Tutoring (CWPT)*, yang merupakan pendekatan kooperatif berbasis interaksi antar teman sebaya. Metode ini mengajak peserta didik untuk saling belajar dan mengajar sesama teman, sehingga meningkatkan pemahaman materi secara mandiri dan intensif. Proses pembelajaran berlangsung dinamis, dengan adanya komunikasi dua arah yang memperkaya pengalaman belajar peserta didik. Selain itu, buku ini juga menjelaskan konsep prestasi belajar, yaitu hasil yang dicapai seseorang setelah melakukan proses belajar yang melibatkan perubahan tingkah laku secara keseluruhan. Buku ini juga memaparkan karakteristik prestasi belajar, serta pentingnya tujuan, prosedur, materi, aktivitas peserta didik, peran guru, dan disiplin dalam mencapai prestasi belajar yang optimal. Dengan pendekatan yang praktis, buku ini menjadi sumber inspirasi bagi para pendidik dalam merancang pembelajaran yang lebih efektif, interaktif, dan berorientasi pada perkembangan peserta didik secara holistik.
Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan praktis dan inovatif bagi para guru yang menghadapi tantangan dalam mengaktifkan peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Buku ini dirancang sebagai alternatif model pembelajaran yang mampu meningkatkan keterlibatan, kreativitas, dan kepuasan peserta didik dalam proses belajar mengajar PPKn, yang sebelumnya seringkali dirasa membosankan. Buku ini menyajikan metode pembelajaran *Class Wide Peer Tutoring (CWPT)*, yang merupakan pendekatan kooperatif berbasis interaksi antar teman sebaya. Metode ini mengajak peserta didik untuk saling belajar dan mengajar sesama teman, sehingga meningkatkan pemahaman materi secara mandiri dan intensif. Proses pembelajaran berlangsung dinamis, dengan adanya komunikasi dua arah yang memperkaya pengalaman belajar peserta didik. Selain itu, buku ini juga menjelaskan konsep prestasi belajar, yaitu hasil yang dicapai seseorang setelah melakukan proses belajar yang melibatkan perubahan tingkah laku secara keseluruhan. Buku ini juga memaparkan karakteristik prestasi belajar, serta pentingnya tujuan, prosedur, materi, aktivitas peserta didik, peran guru, dan disiplin dalam mencapai prestasi belajar yang optimal. Dengan pendekatan yang praktis, buku ini menjadi sumber inspirasi bagi para pendidik dalam merancang pembelajaran yang lebih efektif, interaktif, dan berorientasi pada perkembangan peserta didik secara holistik.
Jumlah Halaman | 46 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-272-904-9 |
eISBN |