Logo Bacabuku
Belajar Matematika Dengan TPS

Belajar Matematika Dengan TPS

Soehartati
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini merupakan upaya untuk meningkatkan proses belajar mengajar matematika melalui pendekatan *Think Pair Share (TPS)*. Buku ini menguraikan secara sistematis perjalanan implementasi model TPS dalam pembelajaran matematika, terutama pada materi lingkaran. Buku ini terdiri dari beberapa bagian utama, yaitu pendahuluan, tinjauan pustaka, metode penelitian, hasil dan pembahasan, serta evaluasi dan refleksi. Dalam bagian hasil dan pembahasan, disajikan deskripsi kondisi awal, deskripsi hasil siklus I dan II, serta analisis perbandingan aktivitas guru dan siswa sebelum dan setelah penerapan model TPS. Selain itu, buku ini juga meliputi tabel dan grafik yang menggambarkan perbandingan hasil belajar siswa, aktivitas guru, serta peningkatan hasil belajar selama siklus penelitian. Buku ini juga berisi harapan dan doa penulis agar buku ini dapat memberikan manfaat dalam upaya meningkatkan minat baca dan keterampilan berpikir kritis siswa. Buku ini dilengkapi dengan ISBN, informasi penulis, editor, desain sampul, serta informasi penerbit.

Sinopsis ebook

Belajar Matematika dengan TPS bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Purwodadi Latar belakang penulisan adalah Nilai rata rata Ulangan Harian kelas VIII adalah 72 masih di bawah KKM dan aktiitas belajar siswa yang rendah yaitu baru mencapai 58 Permasalahannya adalah apakah melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika materi lingkaran bagi siswa kelas VIII Tujuan penulisan ini adalah ingin meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII sehingga nilai yang diperoleh melebihi KKM yang ditetapkan sekolah Manfaat penulisan adalah bagi siswa bagi guru dan bagi sekolah Metode dalam penulisan ini adalah metode tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus di mana tiap siklus meliputi perencanaan tindakan pengamatan evaluasi dan refleksi Adapun yang menjadi subjek penulisan adalah siswa kelas VIII C yang terdiri dari 37 siswa Indikator kerja yang diharapkan adalah lebih dari 75 siswa terlihat aktif belajar dan hasil belajar matematika meningkat menjadi rata rata 81 6 Hasil yang dapat penulis sajikan adalah sebagai berikut Pada Siklus I aktivitas siswa tergolong intensif dengan presentase rata rata 75 5 dan hasil belajar matematika memperoleh nilai rata rata 77 4 dengan ketuntasan belajar klasikal 39 3 Pada siklus II aktivitas siswa tergolong intensif dengan presentase rata rata 75 5 dan hasil belajar matematika memperoleh nilai rata rata 81 6 dengan ketuntasan belajar klasikal 75 Karena sudah memenuhi target yang diharapkan maka proses penelitian dihentikan pada siklus II Simpulan yang dapat diambil adalah bahwa melalui pembelajaran model TPS dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa dan meningkatkan aktivitas siswa dalam pokok bahasan lingkaran pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Purwodadi Aktivitas dan partisipasi siswa dalam belajar mengajar meningkat serta kemampuan guru juga meningkat Oleh karena itu dalam pembelajaran disarankan guru menggunakan model TPS

Detail Buku

Jumlah Halaman 46
Kategori Pendidikan
Penerbit CV. Pustaka MediaGuru
Tahun Terbit 2019
ISBN 978-623-217-285-2
eISBN
Belajar Matematika Dengan TPS

Belajar Matematika Dengan TPS

Soehartati