Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pembelajaran matematika dengan pendekatan *pembelajaran berbasis masalah* (*Problem Based Learning* atau PBM), yang merupakan sebuah model pembelajaran kontekstual yang dirancang untuk merangsang siswa belajar secara aktif dan mandiri. Dalam pendekatan ini, siswa belajar melalui pemecahan masalah yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, sehingga memfasilitasi pengembangan pemahaman yang fleksibel dan keterampilan belajar seumur hidup. Pembelajaran berbasis masalah memposisikan siswa sebagai pusat kegiatan belajar, dengan guru berperan sebagai fasilitator yang membimbing siswa dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan menyelesaikan masalah kompleks. Proses belajar dilakukan secara kolaboratif dalam kelompok, yang memungkinkan siswa berinteraksi, berpikir kritis, serta merefleksikan pengetahuan yang telah diperoleh. Buku ini bertujuan memberikan inspirasi dan panduan praktis bagi para guru dalam merancang dan menerapkan model pembelajaran yang efektif di dalam kelas, sehingga mampu meningkatkan kualitas belajar siswa dan mencapai hasil belajar yang optimal. Dengan pendekatan ini, matematika tidak hanya dipandang sebagai materi yang abstrak, tetapi menjadi alat untuk menyelesaikan masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pembelajaran matematika dengan pendekatan *pembelajaran berbasis masalah* (*Problem Based Learning* atau PBM), yang merupakan sebuah model pembelajaran kontekstual yang dirancang untuk merangsang siswa belajar secara aktif dan mandiri. Dalam pendekatan ini, siswa belajar melalui pemecahan masalah yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, sehingga memfasilitasi pengembangan pemahaman yang fleksibel dan keterampilan belajar seumur hidup. Pembelajaran berbasis masalah memposisikan siswa sebagai pusat kegiatan belajar, dengan guru berperan sebagai fasilitator yang membimbing siswa dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan menyelesaikan masalah kompleks. Proses belajar dilakukan secara kolaboratif dalam kelompok, yang memungkinkan siswa berinteraksi, berpikir kritis, serta merefleksikan pengetahuan yang telah diperoleh. Buku ini bertujuan memberikan inspirasi dan panduan praktis bagi para guru dalam merancang dan menerapkan model pembelajaran yang efektif di dalam kelas, sehingga mampu meningkatkan kualitas belajar siswa dan mencapai hasil belajar yang optimal. Dengan pendekatan ini, matematika tidak hanya dipandang sebagai materi yang abstrak, tetapi menjadi alat untuk menyelesaikan masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari.
Jumlah Halaman | 152 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Cipta Media Edukasi |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-215-981-5 |
eISBN |