Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara mendalam tentang konsep, fungsi, dan proses terjadinya gerak pada manusia, serta memperkenalkan teori-teori yang relevan dalam pembelajaran keterampilan motorik. Dalam buku ini, penulis menjelaskan bahwa gerak merupakan bagian integral dari kehidupan manusia, baik dalam konteks sehari-hari maupun dalam aktivitas olahraga. Penulis juga menjelaskan bahwa pemahaman tentang tingkatan belajar keterampilan motorik sangat penting dalam proses pembelajaran, khususnya dalam konteks pendidikan dan pelatihan olahraga. Buku ini dibagi menjadi dua bab utama, yaitu *Gerak dan Manusia* serta *Proses Terjadinya Gerak*. Di bab pertama, penulis menjelaskan hakikat dan fungsi gerak bagi manusia, sedangkan di bab kedua, penulis membahas pengertian gerak dan motorik, serta proses terjadinya gerak dalam tubuh manusia. Selain itu, buku ini juga membahas teori kibernetik sebagai dasar teori dalam memahami dan menganalisis proses pembelajaran keterampilan motorik. Buku ini juga menjelaskan tiga tingkatan dalam belajar keterampilan motorik, yaitu fase belajar koordinasi kasar, fase belajar koordinasi halus, dan fase pembentukan automatisasi. Penulis menekankan bahwa pemahaman tentang tingkatan-tingkatan ini sangat membantu para guru, pelatih, dan instruktur dalam merancang metode pembelajaran yang efektif dan efisien. Dengan penjelasan yang jelas dan terstruktur, buku ini menjadi sumber referensi yang relevan bagi para pendidik, pelatih olahraga, dan calon pelatih yang ingin memahami lebih dalam tentang mekanisme belajar dan pengembangan keterampilan motorik.
Istilah gerak dan motorik sering diartikan sama padahal kedua istilah tersebut pengertiannya berbeda Dalam perkuliahan istilah istilah dan pengertian yang digunakan dalam pembahasan materi yang disajikan harus jelas secara tuntas Oleh karena itu diperlukan penjelasan penjelasan secara mendasar sehingga memungkinkan materi yang disajikan dalam perkuliahan dapat dipahami dengan mudah Dari penjelasan penjelasan ini diharapkan pengertian dan pemahaman dari istilah istilah yang digunakan dapat diterapkan dengan benar terutama di dalam belajar motorik Hal ini disebabkan karena dalam belajar motorik memperbaiki kesalahan yang bersifat relatif permanen adalah lebih sulit daripada mengajarkan suatu bentuk keterampilan yang baru
Jumlah Halaman | 167 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Kencana |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-602-422-779-1 |
eISBN | 978-623-218-007-9 |