Sinopsis Buku: Buku ini hadir sebagai panduan praktis dalam penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA. Dengan pendekatan yang berorientasi pada proses berpikir ilmiah, buku ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa serta mendorong partisipasi aktif mereka dalam proses pembelajaran. Buku ini menguraikan hasil penelitian yang menunjukkan efektivitas pendekatan saintifik dalam meningkatkan kreativitas, pemahaman konseptual, dan kemampuan berpikir kritis siswa. Buku ini juga membahas langkah-langkah penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA, serta memberikan gambaran tentang perubahan hasil belajar siswa pada siklus I dan II. Dengan pendekatan yang terstruktur dan berbasis bukti, buku ini menjadi referensi penting bagi para pendidik yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran di tengah dinamika dunia pendidikan yang terus berkembang. Ditulis oleh Elnida, buku ini berisi informasi yang relevan dan praktis, serta didukung oleh data penelitian yang valid. Buku ini menjawab tantangan dalam pembelajaran IPA dengan memberikan solusi berbasis pendekatan saintifik yang dapat diimplementasikan secara efektif di kelas.
Guru sebagai tenaga pendidik perlu melakukan upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik secara optimal Tentunya dengan pendekatan pembelajaran yang tepat Hal ini dilakukan guna menciptakan pembelajaran yang menarik bagi peserta didik hingga memunculkan keinginan dan motivasi belajar yang tinggi guna meningkatkan hasil pembelajaran yang diinginkan Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran melibatkan keterampilan proses seperti mengamati mengklasifikasi mengukur meramalkan menjelaskan dan menyimpulkan Dalam melaksanakan proses proses tersebut bantuan guru diperlukan Seberapa besar bantuan guru dapat terus diberikan Apakah pendekatan saintifik pada pembelajaran sains efektif Temukan jawabannya di buku Belajar IPA dengan Pendekatan Saintifik
| Jumlah Halaman | 44 |
|---|---|
| Kategori | Pendidikan |
| Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
| Tahun Terbit | 2020 |
| ISBN | 978-623-308-074-3 |
| eISBN |