Sinopsis: Buku ini membahas implementasi model pembelajaran *Jigsaw* dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas. Model *Jigsaw* merupakan pendekatan kolaboratif yang mendorong siswa untuk aktif dalam belajar melalui eksplorasi konten dari berbagai sumber, termasuk internet. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, tetapi juga membangun keterampilan berpikir kritis, kerja sama, serta kemampuan memilih dan memilah informasi secara efektif. Buku ini berisi laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan oleh penulis pada tahun pelajaran 2013/2014, sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan menciptakan suasana belajar yang lebih dinamis dan bermakna, sesuai dengan konsep pembelajaran abad ke-21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model *Jigsaw*, siswa lebih termotivasi untuk belajar, mampu mengakses informasi dari berbagai sumber, dan mengembangkan potensi diri secara optimal. Buku ini juga memberikan wawasan tentang peran guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung inisiatif siswa, serta pentingnya inovasi dalam metode pembelajaran untuk memenuhi tuntutan dunia yang semakin kompleks. Dengan pendekatan yang relevan dan kontekstual, model *Jigsaw* menjadi salah satu solusi efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di sekolah.
Sinopsis: Buku ini membahas implementasi model pembelajaran *Jigsaw* dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas. Model *Jigsaw* merupakan pendekatan kolaboratif yang mendorong siswa untuk aktif dalam belajar melalui eksplorasi konten dari berbagai sumber, termasuk internet. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, tetapi juga membangun keterampilan berpikir kritis, kerja sama, serta kemampuan memilih dan memilah informasi secara efektif. Buku ini berisi laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan oleh penulis pada tahun pelajaran 2013/2014, sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan menciptakan suasana belajar yang lebih dinamis dan bermakna, sesuai dengan konsep pembelajaran abad ke-21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model *Jigsaw*, siswa lebih termotivasi untuk belajar, mampu mengakses informasi dari berbagai sumber, dan mengembangkan potensi diri secara optimal. Buku ini juga memberikan wawasan tentang peran guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung inisiatif siswa, serta pentingnya inovasi dalam metode pembelajaran untuk memenuhi tuntutan dunia yang semakin kompleks. Dengan pendekatan yang relevan dan kontekstual, model *Jigsaw* menjadi salah satu solusi efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di sekolah.
Jumlah Halaman | 44 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-308-245-7 |
eISBN |