Sinopsis Buku: Buku ini merupakan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh penulis terkait tantangan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi. Penulis mengamati bahwa kurangnya motivasi belajar siswa sering kali disebabkan oleh pembelajaran yang terasa monoton dan kurang menarik. Dalam buku ini, penulis berbagi pengalaman dan strategi untuk menciptakan pembelajaran yang lebih menarik, menyenangkan, dan efektif, khususnya dalam pembelajaran geografi. Buku ini terdiri dari lima bab yang membahas berbagai aspek penting dalam pembelajaran modern. Bab I membahas tantangan pendidikan di era 4.0 dan paradigma pendidikan yang relevan dengan kebutuhan abad ini. Bab II fokus pada pentingnya motivasi belajar baik bagi siswa maupun guru, sebagai modal awal dalam proses pembelajaran. Bab III dan IV menjelaskan secara rinci tentang pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning), termasuk prinsip, karakteristik, siklus implementasi, dan contoh kegiatan yang dapat diterapkan di kelas. Bab V membahas tentang perencanaan dan penghargaan dalam pembelajaran, termasuk penggunaan aplikasi Kinemaster sebagai media untuk menghasilkan karya pembelajaran yang menarik. Dengan pendekatan yang praktis dan berbasis penelitian, buku ini menjadi sumber inspirasi dan solusi bagi para guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya dalam mata pelajaran geografi, agar lebih kreatif, interaktif, dan berdampak positif pada hasil belajar siswa.
Sinopsis Buku: Buku ini merupakan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh penulis terkait tantangan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi. Penulis mengamati bahwa kurangnya motivasi belajar siswa sering kali disebabkan oleh pembelajaran yang terasa monoton dan kurang menarik. Dalam buku ini, penulis berbagi pengalaman dan strategi untuk menciptakan pembelajaran yang lebih menarik, menyenangkan, dan efektif, khususnya dalam pembelajaran geografi. Buku ini terdiri dari lima bab yang membahas berbagai aspek penting dalam pembelajaran modern. Bab I membahas tantangan pendidikan di era 4.0 dan paradigma pendidikan yang relevan dengan kebutuhan abad ini. Bab II fokus pada pentingnya motivasi belajar baik bagi siswa maupun guru, sebagai modal awal dalam proses pembelajaran. Bab III dan IV menjelaskan secara rinci tentang pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning), termasuk prinsip, karakteristik, siklus implementasi, dan contoh kegiatan yang dapat diterapkan di kelas. Bab V membahas tentang perencanaan dan penghargaan dalam pembelajaran, termasuk penggunaan aplikasi Kinemaster sebagai media untuk menghasilkan karya pembelajaran yang menarik. Dengan pendekatan yang praktis dan berbasis penelitian, buku ini menjadi sumber inspirasi dan solusi bagi para guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya dalam mata pelajaran geografi, agar lebih kreatif, interaktif, dan berdampak positif pada hasil belajar siswa.
Jumlah Halaman | 44 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-272-669-7 |
eISBN |