Sinopsis Buku Belajar Fikih dengan Inquiry Learning Buku *Belajar Fikih dengan Inquiry Learning* ini merupakan hasil penelitian yang telah disusun secara sistematis untuk memberikan kontribusi dalam dunia pendidikan, khususnya dalam pengembangan metode pembelajaran yang inovatif. Buku ini ditujukan bagi para pendidik yang ingin mengintegrasikan pendekatan *inquiry learning* dalam proses pembelajaran Fikih, sehingga dapat meningkatkan kualitas pemahaman dan penguasaan materi ajar peserta didik. Dalam buku ini, dibahas secara mendalam tentang konsep pembelajaran berbasis pertanyaan (*inquiry learning*), yang bertujuan untuk membangun kebiasaan berpikir kritis dan kreatif pada peserta didik. Selain itu, buku ini juga menjelaskan tentang pengertian, tujuan, tingkatan, serta pentingnya *motivasi belajar* dalam proses belajar-mengajar. Dalam konteks pembelajaran Fikih, motivasi belajar berperan penting dalam meningkatkan partisipasi, kesadaran, dan keterlibatan peserta didik dalam memahami nilai-nilai ajaran Islam yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Buku ini juga menyajikan informasi mengenai metode pembelajaran diskusi kelompok, termasuk pengertian, keunggulan, kelemahan, dan langkah-langkah penerapan. Metode ini sangat efektif untuk mendorong kolaborasi antar peserta didik, meningkatkan pemahaman secara mendalam, dan memfasilitasi berkomunikasi secara efektif dalam lingkungan belajar yang dinamis. Selain itu, buku ini menjelaskan tentang hasil belajar sebagai keluaran dari suatu proses belajar, yang mencakup kemampuan yang diperoleh peserta didik setelah melalui kegiatan belajar. Hasil belajar ini diukur melalui peningkatan kinerja dan perubahan perilaku peserta didik dalam menerapkan pengetahuan yang telah diperoleh. Sebagai buku yang bernilai ibadah, *Belajar Fikih dengan Inquiry Learning* ini diharapkan dapat menjadi sumber referensi yang bermanfaat bagi para pendidik, pelajar, dan semua pihak yang peduli terhadap pengembangan pendidikan Islam yang modern, kritis, dan berbasis masalah. Buku ini juga membuka ruang bagi masukan, saran, dan kritik dari pembaca demi kesempurnaan dan keberlanjutan penulisan. Semoga buku ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi pengembangan pendidikan Fikih di Indonesia. Amin.
Ada anggapan bahwa belajar Fikih identik dengan hafalan yang disertai dengan dalil dalil Al Qur an dan Hadis Akibatnya siswa pun merasa mempelajari Fikih itu sulit dan sulit dan hasil belajar mereka pada mata pelajaran rendah Kemampuan dan kemauan guru untuk menciptakan pembelajaran yang menarik sangat dibutuhkan untuk menghapus anggapan tersebut Proses pembelajaran yang menarik akan meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa Satu caranya adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat Model pembelajaran inquiry learning dengan metode diskusi kelompok dapat dijadikan solusinya Bagaimana penerapannya di kelas serta hasilnya terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa Jawaban secara teoretis dan praktis dapat Anda temukan dalam buku ini
| Jumlah Halaman | 44 |
|---|---|
| Kategori | Pendidikan |
| Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
| Tahun Terbit | 2020 |
| ISBN | 978-623-308-048-4 |
| eISBN |