Sinopsis Buku: Buku *Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik* merupakan karya yang ditulis oleh Prof. Dr. Hamzah B. Uno, M. Pd. dan Drs. Nurdin Mohamad, M. Si. Buku ini menyajikan konsep dan strategi pembelajaran yang terpadu dan komprehensif, dengan pendekatan PAILKEM yang merupakan kependekan dari Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, dan Menarik. Buku ini menjelaskan hakikat strategi pembelajaran, perbedaan antara strategi, metode, dan teknik pembelajaran, serta hubungan antara strategi, tujuan, dan metode dalam proses pembelajaran. Selain itu, buku ini juga membahas komponen dan kriteria dalam pemilihan strategi pembelajaran, serta memberikan gambaran tentang model-model pembelajaran inovatif yang dapat diterapkan di lapangan. Bagian terkait pembelajaran aktif menjelaskan bagaimana merancang dan menerapkan strategi pembelajaran aktif dalam suasana belajar yang mendukung keterlibatan siswa, serta cara menilai siswa dalam konteks pembelajaran aktif. Buku ini juga menyoroti pentingnya lingkungan belajar yang memfasilitasi kegiatan pembelajaran yang kreatif, efektif, dan menarik. Buku ini sangat relevan bagi para pendidik, dosen, guru, pelatih, instruktur, dan mahasiswa kependidikan yang ingin memperdalam pemahaman tentang strategi pembelajaran yang efektif dan inovatif. Dengan pendekatan yang jelas, terstruktur, dan berbasis teori, buku ini menjadi referensi yang sangat bermanfaat dalam pengembangan pengetahuan dan keilmuan pendidikan di Indonesia.
Strategi pembelajaran PAILKEM merupakan salah satu strategi yang dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran Dimaksudkan dengan strategi karena bidang garapannya tertuju pada bagaimana cara pengorganisasi materi pembelajaran menyampaikan atau menggunakan metode pembelajaran dan mengelola pembelajaran sebagaimana yang dikehendaki oleh ilmuan pembelajaran selama ini seperti Reigeluth dan Merill yang telah meletakkan dasar dasar instruksional dengan mengoptimalkan proses pembelajaran PAILKEM merupakan sinonim dari Pembelajaran Aktif Inovatif Lingkungan Kreatif Efektif dan Menarik PAILKEM bukanlah tujuan dari kegiatan pembelajaran tetapi merupakan salah satu strategi yang digunakan untuk mengoptimalkan proses pembelajaran Strategi PAILKEM senantiasa memposisikan guru sebagai orang yang menciptakan suasana belajar yang kondusif atau sebagai peserta belajar harus aktif inovatif dan lingkungan dimanfaatkan sebagai sumber belajar yang kreatif efektif dan menarik Dalam proses pembelajaran PAILKEM terjadi dialog yang interaktif antara siswa dan siswa siswa dan guru atau siswa dan sumber belajar lainnya Suasana pembelajaran seperti itu membuat siswa dapat saling bertanya dan berdiskusi sehingga siswa tidak terbebani secara perseorangan dalam memecahkan masalah yang dihadapi dalam belajar Dengan strategi pembelajaran yang aktif ini diharapkan akan tumbuh dan berkembang segala potensi yang mereka miliki dan pada akhirnya dapat mengoptimalkan hasil belajar
Jumlah Halaman | 344 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Bumi Aksara |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-602-217-127-0 |
eISBN | proses |