Strategi pembelajaran PAILKEM merupakan salah satu strategi yang dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran Dimaksudkan dengan strategi karena bidang garapannya tertuju pada bagaimana cara pengorganisasi materi pembelajaran menyampaikan atau menggunakan metode pembelajaran dan mengelola pembelajaran sebagaimana yang dikehendaki oleh ilmuan pembelajaran selama ini seperti Reigeluth dan Merill yang telah meletakkan dasar dasar instruksional dengan mengoptimalkan proses pembelajaran PAILKEM merupakan sinonim dari Pembelajaran Aktif Inovatif Lingkungan Kreatif Efektif dan Menarik PAILKEM bukanlah tujuan dari kegiatan pembelajaran tetapi merupakan salah satu strategi yang digunakan untuk mengoptimalkan proses pembelajaran Strategi PAILKEM senantiasa memposisikan guru sebagai orang yang menciptakan suasana belajar yang kondusif atau sebagai peserta belajar harus aktif inovatif dan lingkungan dimanfaatkan sebagai sumber belajar yang kreatif efektif dan menarik Dalam proses pembelajaran PAILKEM terjadi dialog yang interaktif antara siswa dan siswa siswa dan guru atau siswa dan sumber belajar lainnya Suasana pembelajaran seperti itu membuat siswa dapat saling bertanya dan berdiskusi sehingga siswa tidak terbebani secara perseorangan dalam memecahkan masalah yang dihadapi dalam belajar Dengan strategi pembelajaran yang aktif ini diharapkan akan tumbuh dan berkembang segala potensi yang mereka miliki dan pada akhirnya dapat mengoptimalkan hasil belajar Strategi pembelajaran PAILKEM merupakan salah satu strategi yang dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran Dimaksudkan dengan strategi karena bidang garapannya tertuju pada bagaimana cara pengorganisasi materi pembelajaran menyampaikan atau menggunakan metode pembelajaran dan mengelola pembelajaran sebagaimana yang dikehendaki oleh ilmuan pembelajaran selama ini seperti Reigeluth dan Merill yang telah meletakkan dasar dasar ...instruksional dengan mengoptimalkan proses pembelajaran PAILKEM merupakan sinonim dari Pembelajaran Aktif Inovatif Lingkungan Kreatif Efektif dan Menarik PAILKEM bukanlah tujuan dari kegiatan pembelajaran tetapi merupakan salah satu strategi yang digunakan untuk mengoptimalkan proses pembelajaran Strategi PAILKEM senantiasa memposisikan guru sebagai orang yang menciptakan suasana belajar yang kondusif atau sebagai peserta belajar harus aktif inovatif dan lingkungan dimanfaatkan sebagai sumber belajar yang kreatif efektif dan menarik Dalam proses pembelajaran PAILKEM terjadi dialog yang interaktif antara siswa dan siswa siswa dan guru atau siswa dan sumber belajar lainnya Suasana pembelajaran seperti itu membuat siswa dapat saling bertanya dan berdiskusi sehingga siswa tidak terbebani secara perseorangan dalam memecahkan masalah yang dihadapi dalam belajar Dengan strategi pembelajaran yang aktif ini diharapkan akan tumbuh dan berkembang segala potensi yang mereka miliki dan pada akhirnya dapat mengoptimalkan hasil belajar