Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep belajar dan pembelajaran secara mendalam, dengan fokus pada teori-teori yang mendasari proses belajar dan implikasinya dalam konteks pendidikan. Dalam buku ini, belajar didefinisikan sebagai perubahan tingkah laku yang terjadi akibat interaksi antara stimulus dan respon, yang dapat diamati melalui perubahan pengetahuan, pemahaman, sikap, keterampilan, serta daya reaksi individu. Penulis menjelaskan bahwa belajar adalah dasar yang perlu dipahami oleh siswa dan guru untuk memastikan proses pembelajaran berjalan secara efektif dan efisien. Buku ini juga menyoroti berbagai aspek psikologis yang memengaruhi belajar, seperti motivasi, kreativitas, dan aspek afektif, serta menjelaskan implikasinya dalam proses pembelajaran. Selain itu, buku ini mengupas tentang ingatan, lupa, dan transfer dalam belajar, serta membahas perkembangan siswa berkebutuhan khusus dan siswa yang tidak biasa, serta implikasinya dalam proses belajar dan pembelajaran. Dengan bahasa yang jelas dan struktur yang terorganisir, buku ini menjadi sumber referensi yang bermanfaat bagi para pendidik, calon pendidik, dan semua pihak yang tertarik memahami konsep-konsep dasar belajar dan pembelajaran secara komprehensif.
Belajar ditandai dengan adanya latihan yang menyebabkan terjadinya perubahan perilaku yang relatif permanen belajar bukan merubah perilaku karena maturasi atau pengkondisian sementara suatu organisme Secara kasat mata proses belajar tersebut tidak dapat diamati akan tetapi dapat dilihat dari hasil perubahan yang terjadi baik dari peningkatan pengetahuan yang dimilikinya pemahamannya terhadap pengetahuan sikap dan tingkah lakunya peningkatan keterampilannya kecakapan dan kemampuannya daya reaksinya serta aspek lainnya yang ada pada individu
Jumlah Halaman | 163 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Bintang Pustaka Madani |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-6143-12-4 |
eISBN | 978-623-6209-13-4 |