Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pentingnya keterampilan menulis dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam konteks pendidikan di Indonesia. Penulis menjelaskan bahwa menulis adalah proses kreatif yang melibatkan berbagai aspek, seperti pemahaman bahasa, kemampuan menalar, dan keahlian dalam menyampaikan ide secara jelas dan terstruktur. Buku ini juga menjelaskan berbagai jenis teks dan cara pembelajaran menulis narasi yang efektif. Salah satu model pembelajaran yang menjadi fokus buku ini adalah *Picture and Picture*, yang dirancang untuk membuat kegiatan menulis lebih menyenangkan dan menarik bagi siswa. Model ini membantu siswa mengembangkan keterampilan menulis melalui penggunaan gambar sebagai alat stimulasi dan pengembangan ide. Selain itu, buku ini juga membahas peran penting menulis dalam membentuk karakter siswa, serta kemampuan berkomunikasi yang efektif baik secara lisan maupun tertulis. Buku ini merupakan panduan bagi guru dan siswa dalam memahami dan menerapkan metode pembelajaran menulis yang relevan dengan kebutuhan abad ke-21, yaitu keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, adaptasi, dan inisiatif. Buku ini berisi materi yang komprehensif dan terstruktur, yang dapat digunakan sebagai acuan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah. Dengan pendekatan yang interaktif dan kreatif, buku ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan menulis siswa dan memperkaya pengalaman belajar mereka.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pentingnya keterampilan menulis dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam konteks pendidikan di Indonesia. Penulis menjelaskan bahwa menulis adalah proses kreatif yang melibatkan berbagai aspek, seperti pemahaman bahasa, kemampuan menalar, dan keahlian dalam menyampaikan ide secara jelas dan terstruktur. Buku ini juga menjelaskan berbagai jenis teks dan cara pembelajaran menulis narasi yang efektif. Salah satu model pembelajaran yang menjadi fokus buku ini adalah *Picture and Picture*, yang dirancang untuk membuat kegiatan menulis lebih menyenangkan dan menarik bagi siswa. Model ini membantu siswa mengembangkan keterampilan menulis melalui penggunaan gambar sebagai alat stimulasi dan pengembangan ide. Selain itu, buku ini juga membahas peran penting menulis dalam membentuk karakter siswa, serta kemampuan berkomunikasi yang efektif baik secara lisan maupun tertulis. Buku ini merupakan panduan bagi guru dan siswa dalam memahami dan menerapkan metode pembelajaran menulis yang relevan dengan kebutuhan abad ke-21, yaitu keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, adaptasi, dan inisiatif. Buku ini berisi materi yang komprehensif dan terstruktur, yang dapat digunakan sebagai acuan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah. Dengan pendekatan yang interaktif dan kreatif, buku ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan menulis siswa dan memperkaya pengalaman belajar mereka.
Jumlah Halaman | 42 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-272-296-5 |
eISBN |