Manusia dalam pertumbuhan dan perkembangan mengalami sebuah proses dan mengalami sebuah perubahan perubahan yang bersumber dari peristiwa kematangan Adapun belajar kebalikan dari kematangan adapun perubahan perubahan yang terjadi dalam kehidupan individu tidak diwariskan dari genetika Perubahan perubahan yang dapat berupa pengertian tingkah laku persepsi motivasi atau kombinasi dari unsur unsur itu dan selalu menunjukkan perubahan yang sistematis dalam tingkah laku yang terjadi sebagai konsekuensi dari pengalaman dari situasi tertentu Adapun perumusan tujuan belajar lebih banyak terkait dengan teknik mengajar dari sudut pandangan behavioristik dan kognitif Ada tiga alasan pokok mengapa tujuan belajar dinyatakan 1 Guru menyatakan tujuan belajar bila ingin siswanya berhasil 2 Motivasi dan membantu siswa agar dapat lebih efektif dalam belajar 3 Evaluasi bagaimana pencapaian tujuan yang baik dan mengambil langkah untuk mengadakan pengajaran remidial bagi yang membutuhkan Adapun evaluasi adalah bagian dari integral dalam kegiatan pengembangan kurikulum Setiap usaha perbaikan atau perubahan kurikulum senantiasa diawali dengan penilaian Dan pengembangan kurikulum merupakan tindak lanjut hasil penilaian kurikulum Evaluasi kurikulum dilaksanakan dengan tujuan mengetahui seberapa jauh kurikulum telah mencapai tujuan tujuan sebagaimana yang tercantum dalam kurikulum Di samping itu kegiatan ini dapat memberikan data balikan yang bermanfaat bagi upaya perbaikan atau perubahan kurikulum Adapun model pengembangan kurikulum belakangan ini merupaka salah satu model yang administratif yang sudah di bicarakan terdahulu Adapun inisiatif untuk mengembangkan kurikulum tidak muncul dari birokrat melainkan dari bawah Dalam model ini sekelompok guru atau semua guru atau semua guru di suatu sekolah merintis pengembangan kurikulum yang berkenaan dengan komponen kurikulum tertentu atau keseluruhan komponen kurikulum Pengembangan kurikulum bidang studi tertentu atau semua bidang studi tergantung yang menjadi kerisauan atau kepedulian mereka Manusia dalam pertumbuhan dan perkembangan mengalami sebuah proses dan mengalami sebuah perubahan perubahan yang bersumber dari peristiwa kematangan Adapun belajar kebalikan dari kematangan adapun perubahan perubahan yang terjadi dalam kehidupan individu tidak diwariskan dari genetika Perubahan perubahan yang dapat berupa pengertian tingkah laku persepsi motivasi atau kombinasi dari unsur unsur itu ...dan selalu menunjukkan perubahan yang sistematis dalam tingkah laku yang terjadi sebagai konsekuensi dari pengalaman dari situasi tertentu Adapun perumusan tujuan belajar lebih banyak terkait dengan teknik mengajar dari sudut pandangan behavioristik dan kognitif Ada tiga alasan pokok mengapa tujuan belajar dinyatakan 1 Guru menyatakan tujuan belajar bila ingin siswanya berhasil 2 Motivasi dan membantu siswa agar dapat lebih efektif dalam belajar 3 Evaluasi bagaimana pencapaian tujuan yang baik dan mengambil langkah untuk mengadakan pengajaran remidial bagi yang membutuhkan Adapun evaluasi adalah bagian dari integral dalam kegiatan pengembangan kurikulum Setiap usaha perbaikan atau perubahan kurikulum senantiasa diawali dengan penilaian Dan pengembangan kurikulum merupakan tindak lanjut hasil penilaian kurikulum Evaluasi kurikulum dilaksanakan dengan tujuan mengetahui seberapa jauh kurikulum telah mencapai tujuan tujuan sebagaimana yang tercantum dalam kurikulum Di samping itu kegiatan ini dapat memberikan data balikan yang bermanfaat bagi upaya perbaikan atau perubahan kurikulum Adapun model pengembangan kurikulum belakangan ini merupaka salah satu model yang administratif yang sudah di bicarakan terdahulu Adapun inisiatif untuk mengembangkan kurikulum tidak muncul dari birokrat melainkan dari bawah Dalam model ini sekelompok guru atau semua guru atau semua guru di suatu sekolah merintis pengembangan kurikulum yang berkenaan dengan komponen kurikulum tertentu atau keseluruhan komponen kurikulum Pengembangan kurikulum bidang studi tertentu atau semua bidang studi tergantung yang menjadi kerisauan atau kepedulian mereka