Sinopsis Buku: Buku *Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan* ini merupakan panduan komprehensif yang dirancang untuk memperkaya pemahaman dan penerapan pembelajaran dalam konteks pendidikan abad ke-21. Buku ini menyajikan konsep, strategi, dan prinsip-prinsip pembelajaran yang berorientasi pada standar proses pendidikan, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan menciptakan lingkungan belajar yang efektif, bermakna, dan berkelanjutan. Dalam buku ini, penulis menjelaskan bahwa belajar adalah proses interaksi yang terjadi antara individu dan lingkungannya, yang melibatkan aktivitas dan kreativitas siswa. Pembelajaran yang berkualitas tidak hanya menjadi tugas guru, tetapi juga melibatkan peran aktif siswa dalam mengembangkan kemampuan dan pengetahuan mereka. Penulis menekankan pentingnya perencanaan dan penciptaan kondisi pembelajaran yang matang, yang mendukung pembelajaran yang demokratis, humanis, dan menyenangkan. Buku ini juga membahas pelaksanaan pembelajaran dalam konteks Kurikulum 2013, termasuk tujuan, cakupan, dan pedoman penggunaan pedoman kegiatan pembelajaran. Penulis menjelaskan bahwa guru bukan hanya sebagai penyampai materi, tetapi juga sebagai fasilitator yang mampu menciptakan lingkungan belajar yang multiserat, multimedia, dan mendukung pengembangan kemampuan siswa secara holistik. Dengan pendekatan yang terstruktur dan jelas, buku ini menjadi referensi yang bermanfaat bagi para pendidik, khususnya dalam penyelenggaraan pembelajaran di jenjang pendidikan tinggi, serta memperkaya pengetahuan dan keterampilan dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang efektif dan berkualitas.
Buku ini menyajikan secara komprehenship tentang belajar dan pembelajaran yang disesuaikan dengan tuntutan standar proses pendidikan Kerangka teori konsep prinsip dan aplikasi kegiatan belajar dan pembelajaran diuraikan secara jelas yang disesuaikan dengan tuntutan kurikulum yang sedang berlaku Belajar pada hakikatnya adalah proses interaksi terhadap semua situasi yang ada di sekitar individu siswa Belajar dapat dipandang sebagai proses yang diarah kan kepada tujuan dan proses berbuat melalui berbagai pengalaman Pembelajaran adalah suatu upaya untuk menciptakan lingkungan belajar dan pelayanan terhadap kemampuan potensi minat bakat dan kebutuhan siswa yang beragam agar terjadi interaksi edukatif secara optimal antara guru dan siswa antara siswa dan siswa serta antara siswa dan lingkungan belajar Pembelajaran merupakan suatu sistem yang terdiri dari berbagai komponen yang saling berhubungan satu dengan yang lain komponen tersebut meliputi tujuan materi metode dan evaluasi pembelajaran Keempat komponen pembelajaran tersebut harus dipahami oleh guru dalam melaku kan kegiatan pembelajaran Melalui buku ini dipaparkan beberapa hal tentang belajar dan pembelajaran antara lain Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 Standar Proses Pendidikan Belajar dan Pembelajaran Guru Profesional dan Pembelajaran Abad ke 21 Strategi dan Pendekatan Pembelajaran Media Pembelajaran Model model Pembelajaran Model model Desain Pembelajaran Pembelajaran Kooperatif Pembelajaran Kontekstual Pembelajaran Berbasis Masalah Pembelajaran Tematik Terpadu Pembelajaran Berbasis Proyek Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran dan Penilaian Pembelajaran
Jumlah Halaman | 538 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Kencana |
Tahun Terbit | 2017 |
ISBN | 978-602-4220-63-1 |
eISBN | 978-602-422-547-6 |