Sinopsis Buku: Buku ini membahas pendekatan pendidikan yang inovatif dan berbasis nilai-nilai agama serta budaya lokal dalam pembelajaran anak usia dini. Dengan pendekatan *BCCT* (Beyond Centers and Circle Time), buku ini menawarkan metode pembelajaran yang tidak hanya fokus pada aspek akademik, tetapi juga mengintegrasikan pendidikan spiritual dan kearifan lokal sebagai bagian integral dari pengembangan karakter anak. Buku ini menjelaskan bahwa pendidikan anak usia dini harus berdasarkan fitrah anak yang sudah ditetapkan oleh Alquran, yang mencakup kebutuhan dasar anak untuk tumbuh secara fisik, emosional, sosial, dan spiritual. Dengan memahami perbedaan antara keinginan dan kebutuhan anak, para pendidik dan orang tua dapat merancang lingkungan belajar yang sehat dan mendukung perkembangan optimal anak. Selain itu, buku ini juga menjelaskan peran penting dari *BCCT* dalam meningkatkan IQ dan EQ anak usia dini, serta bagaimana metode ini dapat diterapkan dalam berbagai sentra pembelajaran. Buku ini juga menekankan pentingnya memanfaatkan sumber daya lokal dan budaya sebagai bagian dari pendidikan, sehingga anak dapat memahami dan menghargai nilai-nilai kearifan lokal yang menjadi bagian dari identitas budaya mereka. Dengan pendekatan yang holistik dan berbasis Alquran, buku ini menjadi panduan praktis bagi para pendidik, orang tua, dan pengambil kebijakan dalam menciptakan lingkungan belajar yang berimbang, bermakna, dan berkelanjutan.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas pendekatan pendidikan yang inovatif dan berbasis nilai-nilai agama serta budaya lokal dalam pembelajaran anak usia dini. Dengan pendekatan *BCCT* (Beyond Centers and Circle Time), buku ini menawarkan metode pembelajaran yang tidak hanya fokus pada aspek akademik, tetapi juga mengintegrasikan pendidikan spiritual dan kearifan lokal sebagai bagian integral dari pengembangan karakter anak. Buku ini menjelaskan bahwa pendidikan anak usia dini harus berdasarkan fitrah anak yang sudah ditetapkan oleh Alquran, yang mencakup kebutuhan dasar anak untuk tumbuh secara fisik, emosional, sosial, dan spiritual. Dengan memahami perbedaan antara keinginan dan kebutuhan anak, para pendidik dan orang tua dapat merancang lingkungan belajar yang sehat dan mendukung perkembangan optimal anak. Selain itu, buku ini juga menjelaskan peran penting dari *BCCT* dalam meningkatkan IQ dan EQ anak usia dini, serta bagaimana metode ini dapat diterapkan dalam berbagai sentra pembelajaran. Buku ini juga menekankan pentingnya memanfaatkan sumber daya lokal dan budaya sebagai bagian dari pendidikan, sehingga anak dapat memahami dan menghargai nilai-nilai kearifan lokal yang menjadi bagian dari identitas budaya mereka. Dengan pendekatan yang holistik dan berbasis Alquran, buku ini menjadi panduan praktis bagi para pendidik, orang tua, dan pengambil kebijakan dalam menciptakan lingkungan belajar yang berimbang, bermakna, dan berkelanjutan.
Jumlah Halaman | 72 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | PT. Mediaguru Digital Indonesia |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-602-497-298-1 |
eISBN |