Dunia bisinis di era perdagangan global mengalami pergerakan yang sangat ekstrim Perubahan cara pandang pelaku bisnis terhadap dunia usaha dan persaingan pun mengalami suatu perubahan Revolusi industri yang digagas di Inggris pada abad sembilan belas tergantikan oleh revolusi teknologi informasi pada era globalisasi Menurut Nugroho dalam Ciptani 2000 pergeseran tingkat persaingan bisnis dari industrial competition ke information competition disebut pergeseran paradigma Saat ini kekuatan utama perusahaan dalam persaingan bisnis tidak hanya bertumpu pada sumber daya alam dan sumber daya manusia melainkan juga bertumpu pada perkembangan teknologi informasi Hanya perusahaan yang menguasai teknologi informasi dengan maksimum yang mampu bertahan bahkan berkembang di tengah ketatnya persaingan pasar bebas Selanjutnya Ciptani 2000 mengemukakan bahwa pergeseran paradigma dari industrial competition ke information competition juga akan mengubah alat ukur dan acuan yang dipakai oleh perusahaan untuk mengukur kinerjanya Perkembangan dunia bisnis yang mengiringi perkembangan teknologi informasi menyebabkan ukuran keberhasilan pencapain suatu entittas bisnis mengalami menyebabkan ukuran keberhasilan pencapaian suatu entitas bisnis mengalami sebuah pergeseran dan perkembangan Kaplan dan Norton 1992 menyatakan the traditional financial performance measures worked well for the industrial era but they are out of step with the skills and competencies companies are trying to master today Pada abad industri ukuran finansial perusahaan yang berbasis pada data historis menjadi satu satunya ukuran keberhasilan Akan tetapi pada era persaingan pasar bebas yang dinamis ukuran nonfinansial tidak hanya berorientasi pada data historis Orientasi masa depan mulai diperhitungkan dan ditempatkan pada posisi utama sebagai penilaian terhadap kinerja sebuah entitas bisnis Hal ini disebabkan ukuran finansial tidak cukup andal untuk dapat mengimbangi pergerakan dunia bisnis di era teknologi informasi yang terjadi saat ini Dunia bisinis di era perdagangan global mengalami pergerakan yang sangat ekstrim Perubahan cara pandang pelaku bisnis terhadap dunia usaha dan persaingan pun mengalami suatu perubahan Revolusi industri yang digagas di Inggris pada abad sembilan belas tergantikan oleh revolusi teknologi informasi pada era globalisasi Menurut Nugroho dalam Ciptani 2000 pergeseran tingkat persaingan ...bisnis dari industrial competition ke information competition disebut pergeseran paradigma Saat ini kekuatan utama perusahaan dalam persaingan bisnis tidak hanya bertumpu pada sumber daya alam dan sumber daya manusia melainkan juga bertumpu pada perkembangan teknologi informasi Hanya perusahaan yang menguasai teknologi informasi dengan maksimum yang mampu bertahan bahkan berkembang di tengah ketatnya persaingan pasar bebas Selanjutnya Ciptani 2000 mengemukakan bahwa pergeseran paradigma dari industrial competition ke information competition juga akan mengubah alat ukur dan acuan yang dipakai oleh perusahaan untuk mengukur kinerjanya Perkembangan dunia bisnis yang mengiringi perkembangan teknologi informasi menyebabkan ukuran keberhasilan pencapain suatu entittas bisnis mengalami menyebabkan ukuran keberhasilan pencapaian suatu entitas bisnis mengalami sebuah pergeseran dan perkembangan Kaplan dan Norton 1992 menyatakan the traditional financial performance measures worked well for the industrial era but they are out of step with the skills and competencies companies are trying to master today Pada abad industri ukuran finansial perusahaan yang berbasis pada data historis menjadi satu satunya ukuran keberhasilan Akan tetapi pada era persaingan pasar bebas yang dinamis ukuran nonfinansial tidak hanya berorientasi pada data historis Orientasi masa depan mulai diperhitungkan dan ditempatkan pada posisi utama sebagai penilaian terhadap kinerja sebuah entitas bisnis Hal ini disebabkan ukuran finansial tidak cukup andal untuk dapat mengimbangi pergerakan dunia bisnis di era teknologi informasi yang terjadi saat ini