Sinopsis Buku: Buku ini merupakan modul pembelajaran Bahasa Indonesia yang dirancang untuk peserta didik setara SD/MI dalam Program Paket A. Buku ini terdiri dari beberapa bab yang mencakup berbagai topik penting dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, seperti membaca dan mendengarkan teks, mendeskripsikan tempat atau benda, serta memahami lambang daerah dan korps. Bab I membahas tentang tempat umum, dengan fokus pada kemampuan menemukan pikiran pokok teks, membuat gambar atau denah berdasarkan penjelasan, dan mendeskripsikan tempat secara runtut. Bab II mengenai etika kehidupan, yang mencakup kemampuan menjelaskan isi pantun dan menyampaikan pesan melalui telepon. Bab III berisi materi tentang pendidikan, sementara Bab IV dan Bab V membahas lingkungan dan komunikasi, termasuk membaca teks dengan intonasi yang sesuai, mengenal istilah lingkungan, menyusun paragraf atau karangan sederhana, serta melengkapi bagian akhir cerita yang hilang. Buku ini dilengkapi dengan berbagai latihan dan soal-soal yang dirancang untuk melatih kemampuan berbahasa Indonesia secara komprehensif, baik secara lisan maupun tertulis. Buku ini juga dilengkapi dengan daftar pustaka dan informasi penulis serta penerbit, serta izin penggunaan yang sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta. Dengan struktur yang terorganisir dan materi yang relevan, buku ini menjadi panduan yang baik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia peserta didik setara SD/MI.
Sinopsis Buku: Buku ini merupakan modul pembelajaran Bahasa Indonesia yang dirancang untuk peserta didik setara SD/MI dalam Program Paket A. Buku ini terdiri dari beberapa bab yang mencakup berbagai topik penting dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, seperti membaca dan mendengarkan teks, mendeskripsikan tempat atau benda, serta memahami lambang daerah dan korps. Bab I membahas tentang tempat umum, dengan fokus pada kemampuan menemukan pikiran pokok teks, membuat gambar atau denah berdasarkan penjelasan, dan mendeskripsikan tempat secara runtut. Bab II mengenai etika kehidupan, yang mencakup kemampuan menjelaskan isi pantun dan menyampaikan pesan melalui telepon. Bab III berisi materi tentang pendidikan, sementara Bab IV dan Bab V membahas lingkungan dan komunikasi, termasuk membaca teks dengan intonasi yang sesuai, mengenal istilah lingkungan, menyusun paragraf atau karangan sederhana, serta melengkapi bagian akhir cerita yang hilang. Buku ini dilengkapi dengan berbagai latihan dan soal-soal yang dirancang untuk melatih kemampuan berbahasa Indonesia secara komprehensif, baik secara lisan maupun tertulis. Buku ini juga dilengkapi dengan daftar pustaka dan informasi penulis serta penerbit, serta izin penggunaan yang sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta. Dengan struktur yang terorganisir dan materi yang relevan, buku ini menjadi panduan yang baik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia peserta didik setara SD/MI.
Jumlah Halaman | 60 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Tirtamedia |
Tahun Terbit | 2017 |
ISBN | 978-602-1574-36-2 |
eISBN | 978-623-286-120-6 |