Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan lengkap dalam pengembangan kemampuan berbicara, menyimak, membaca, dan menulis anak usia dini. Buku ini dirancang untuk menjadi sumber referensi yang praktis bagi para pendidik, orang tua, serta calon pengajar di lingkungan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Buku ini mengintegrasikan pengalaman praktis para guru di Sekolah Taman Kanak-Kanak, Taman Penitipan Anak, serta Kelompok Bermain dengan pengetahuan akademik dari dosen dan mahasiswa PAUD FKIP UNRI, serta kontribusi orang tua dalam merancang teknik pengajaran yang efektif. Buku ini terdiri dari dua bab utama, yaitu BAB I Pengembangan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini dan BAB II Pengembangan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini. BAB I berisi pendahuluan, rancangan media dramatisasi, rancangan pembuatan puzzle, rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH), teknik penilaian berupa catatan anekdot dan skala capaian perkembangan (reting), serta pembahasan cerita Vita dan alat komunikasi. BAB II mencakup pendahuluan, rancangan media, permainan bahasa untuk melatih kemampuan menyimak, rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH), serta evaluasi dan penilaian perkembangan anak. Selain itu, buku ini juga menyertakan informasi mengenai peran pelaku pertunjukan, produser fonogram, dan lembaga penyiaran dalam konteks hak cipta, serta sanksi pelanggaran hak ekonomi yang diatur dalam UU No. 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Buku ini juga menjelaskan fungsi dan sifat hak cipta, serta pembatasan pelindungan hak cipta yang diperbolehkan dalam rangka pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan. Dengan pendekatan yang praktis, buku ini memberikan wawasan yang menyeluruh mengenai cara mengembangkan kemampuan berbicara dan menyimak anak usia dini, serta memberikan rencana pelaksanaan pembelajaran yang jelas dan terstruktur. Buku ini diharapkan dapat menjadi panduan yang bermanfaat bagi para pembaca dalam memahami dan menerapkan teknik pengajaran yang efektif dalam lingkungan pendidikan anak usia dini.
Buku Bahasa Anak Usia Dini ini ditulis bertujuan membantu orang tua dan guru pendidik anak usia dini menyediakan bahan pengajaran dan pembelajaran serta memotivasi proses pembelajaran anak anak berasaskan prinsip dan falsafah pengajaran pembelajaran unt
Jumlah Halaman | 88 |
---|---|
Kategori | Umum |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-623-02-0332-9 |
eISBN | 978-623-02-0352-7 |