Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep dasar telaah materi pembelajaran dalam konteks pengembangan bahan ajar Bahasa Indonesia. Buku ini dirancang untuk menjadi panduan praktis bagi para guru, pengembang kurikulum, dan pendidik dalam merancang, menyusun, dan mengevaluasi bahan ajar yang efektif dan sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam kurikulum mata pelajaran Bahasa Indonesia. Isi buku mencakup berbagai aspek penting dalam pengembangan bahan ajar, seperti pengertian dan tujuan telaah materi, prinsip pemilihan bahan ajar, jenis bahan ajar, langkah-langkah penyusunan bahan ajar, prinsip pengemasan bahan ajar, indikator bahan ajar yang efektif, serta perencanaan pengembangan bahan ajar. Selain itu, buku ini juga membahas rambu-rambu penyusunan materi ajar, kelayakan isi, bahasa, penyajian, dan kegrafikan, serta prosedur penilaian dan revisi bahan ajar. Buku ini juga memberikan panduan terstruktur dalam penyusunan BAB I Pendahuluan, BAB II Isi, dan BAB III Penutup dalam sebuah bahan ajar. Selain itu, buku ini menjelaskan pentingnya evaluasi dan revisi terhadap produk bahan ajar untuk memastikan kualitas dan relevansi materi yang disampaikan. Dengan pendekatan yang komprehensif dan terarah, buku ini menjadi sumber referensi yang bermanfaat bagi para pembelajar dan praktisi pendidikan dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia.
Kegiatan mengkaji atau menelaah materi ini harus dilakukan dengan penuh ketelitian dan mempertimbangkan banyak aspek dalam lingkungan belajar peserta didik supaya hasil yang diperoleh dapat maksimal sehingga materi materi yang disampaikan sudah sesuai dengan tujuan kurikulum pendidikan nasional utamanya dalam mata pelajaran tertentu
Jumlah Halaman | 86 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-329-595-6 |
eISBN | proses |