Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan menulis kreatif dalam bahasa Arab yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan penulisan siswa SMA dan MAN, khususnya di wilayah Surakarta dan Boyolali. Buku ini berisi materi tentang pengembangan tema dalam buku *Al-Qira’ah Ar-Rasyidah*, yang merupakan bagian dari upaya optimalisasi pembelajaran bahasa Arab secara kreatif dan sistematis. Dalam buku ini, dibahas berbagai aspek terkait penulisan kreatif, seperti bentuk-bentuk menulis kreatif bahasa Arab, pola pengembangan tema yang sederhana, yaitu tema konstan dan tema linier, serta fenomena pembelajaran daring dalam bahasa Arab melalui platform seperti Arabic Online, SPADA Ristekdikti, dan OCW UNS. Penulis juga menjelaskan pentingnya penggunaan bahasa Arab dalam konteks pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, serta bagaimana tema yang tersusun secara teratur dapat memperkuat keutuhan sebuah teks. Buku ini dilengkapi dengan contoh-contoh praktis, panduan langkah demi langkah, dan penjelasan singkat mengenai peran hak cipta dalam penggunaan bahan ajar dan karya kreatif. Buku ini sangat cocok sebagai referensi bagi para guru, siswa, maupun pembelajar bahasa Arab yang ingin meningkatkan keterampilan menulis dan pengembangan tema secara kreatif dan akademik. Kesimpulan: Buku ini adalah panduan praktis dan komprehensif dalam menulis kreatif bahasa Arab, dengan fokus pada pengembangan tema dan pembelajaran daring, serta didukung oleh landasan hukum terkait hak cipta. Buku ini dirancang untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab di tingkat SMA dan MAN, serta memperkaya keterampilan menulis siswa dalam konteks pendidikan.
Salah satu unsur penting dalam menulis bahasa Arab untuk tingkatan pemula adalah dengan menguasai penggunaan verba verba berkala sekarang dan yang akan datang atau lazim disebut dengan fi l mudhari Mengapa demikian karena fi l mudhari memiliki susuna
Jumlah Halaman | 71 |
---|---|
Kategori | Bahasa Dan Sastra |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-02-0799-0 |
eISBN | 978-623-02-0823-2 |