Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar melalui pendekatan pembelajaran aktif dan pendekatan PAIKEM (Pendidikan Aktif, Inklusif, Kreatif, dan Berkelanjutan). Dalam buku ini, penulis menjelaskan konsep dan prinsip dasar pendekatan PAIKEM yang merupakan pendekatan pendidikan yang berorientasi pada peserta didik, dengan mengutamakan peran aktif peserta didik dalam proses belajar mengajar. Selanjutnya, buku ini juga membahas tentang pengertian, model, strategi, dan metode pembelajaran aktif (active learning), serta penerapannya dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Penulis menjelaskan bahwa pendekatan ini bertujuan untuk mengubah proses pembelajaran yang sebelumnya dominan oleh guru menjadi proses pembelajaran yang lebih berpusat pada peserta didik, sehingga memungkinkan potensi peserta didik berkembang secara optimal. Tidak hanya itu, buku ini juga menyajikan pendekatan saintifik dalam pembelajaran, yang bertujuan untuk melatih peserta didik agar mampu berpikir kritis, menganalisis, dan menyelesaikan masalah secara mandiri. Selain itu, buku ini juga menjelaskan tentang penilaian autentik, yaitu pendekatan penilaian yang berorientasi pada proses belajar mengajar dan hasil belajar yang nyata, serta bagaimana penilaian tersebut dapat dilakukan secara efektif dan objektif. Buku ini ditujukan khususnya bagi mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan calon guru, sebagai sumber referensi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Buku ini juga dapat menjadi acuan bagi para guru SD, dosen, dan pemangku kepentingan pendidikan lainnya dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
Kurikulum 2004 yang berbasis kompetensi KBK diperbarui dengan kurikulum 2006 KTSP dan kini disempurnakan dengan Kurikulum 2013 merupakan dasar dan pedoman pembelajaran mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PGSD di kelas sehingga mahasiswa semakin terlatih dalam mengajar sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 Buku Ayo Latihan Mengajar Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar ini dibuat dengan harapan mahasiswa PGSD dapat melakukan tahapan tahapan pembelajaran yang menghasilkan pembelajaran yang berkualitas di dalam kelas Dalam rangka melaksanakan pembelajaran yang berkualitas seperti yang diharapkan kurikulum 2013 di tingkat Sekolah Dasar mahasiswa PGSD harus memahami Metode Pembelajaran Aktif Pendekatan saintifik Penilaian autentik Penyusun RPP Tematik dan latihan mengajar baik secara peer Teaching maupun micro teaching yang termuat di dalam buku ini Diharapkan memberikan pengaruh yang sangat baik terhadap proses menjadi calon guru yang profesional Kehadiran buku ini memberikan pengetahuan tentang penerapan active learning yang terjadi dalam proses pembelajaran selama ini lebih banyak didominasi oleh guru teacher center hal tersebut seharusnya berubah menjadi proses pembelajaran yang banyak melibatkan peserta didik student center sehingga potensi peserta didik dapat berkembang dan menuntut aktivitas peserta didik lebih banyak based on activity
Jumlah Halaman | 64 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-623-209-134-4 |
eISBN | 978-623-209-220-4 |