Sinopsis Buku: Buku ini menggambarkan upaya-upaya yang sedang dilakukan oleh berbagai pihak, termasuk pemerintah, organisasi, dan masyarakat, untuk meningkatkan minat baca dan literasi di Indonesia. Dalam konteks ini, buku membahas hasil survei yang menunjukkan posisi Indonesia dalam hal literasi dibandingkan negara-negara ASEAN, yang menjadi pembicaraan publik dan menjadi tantangan bagi pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan literasi. Hasil survei tersebut bisa menjadi *bad news* jika diabaikan, tetapi juga bisa menjadi *good news* jika direspon secara positif dan proaktif. Buku ini juga mengupas peran penting teknologi, khususnya smartphone, dalam meningkatkan akses dan minat baca masyarakat. Dengan jumlah pemilik smartphone yang terus meningkat, pemerintah dan lembaga-lembaga lain diminta untuk memanfaatkan media digital dengan menyediakan bahan bacaan yang didesain khusus untuk smartphone, bukan sekadar memindahkan buku teks ke layar. Upaya ini diwujudkan dalam bentuk program pengiriman buku gratis, gerakan literasi sekolah, dan pengembangan e-book yang ramah digital. Selain itu, buku ini juga menyampaikan isu sosial terkait penyandang disabilitas, khususnya penderita kusta, yang menghadapi tantangan dalam mendapatkan perlindungan dan hak-haknya. Pemerintah diwacanakan untuk lebih aktif dalam memberikan perlindungan terhadap kelompok rentan ini, bukan hanya sekadar menyarankan atau membiarkan mereka mengemis di jalan raya. Dengan berbagai upaya tersebut, buku ini menekankan pentingnya literasi sebagai tolok ukur kualitas pendidikan dan kesadaran masyarakat, serta peran pemerintah dan masyarakat dalam membangun Indonesia yang lebih cerdas dan inklusif.
MAKASSAR Pemerintah Kota Makassar mengaku tidak memiliki program pembinaan bagi penderita kusta ldquo Jika mereka berkeliaran di pinggir jalan untuk mengemis dinas tidak bisa melarangnya karena mereka mencari uang rdquo kata Kepala Dinas Sosial Mak
Jumlah Halaman | 52 |
---|---|
Kategori | Kesehatan |
Penerbit | Tempo Publishing |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | - |
eISBN | 978-623-344-627-3 |