Sinopsis Buku: Buku ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui pendekatan *Authentic Assessment* di Kota Manado. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk mengevaluasi dan meningkatkan kualitas pembelajaran IPA, khususnya dalam konteks kurikulum yang semakin berorientasi pada kompetensi. Dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan nasional dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, penulis mengusulkan pendekatan penilaian yang lebih relevan dengan kehidupan nyata, yaitu *Authentic Assessment*. Buku ini menjelaskan konsep hakikat penilaian, pembelajaran IPA di sekolah dasar, motivasi dan minat belajar siswa, serta bagaimana *Authentic Assessment* dapat menjadi solusi dalam meningkatkan kinerja belajar siswa. Selain itu, buku ini juga menyajikan metode penelitian yang digunakan, termasuk jenis penelitian, tempat dan waktu pelaksanaan, populasi dan sampel, teknik pengumpulan data, serta analisis data yang dilakukan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan rekomendasi bagi para pendidik dalam pengembangan pembelajaran IPA yang lebih efektif dan relevan dengan kebutuhan siswa. Buku ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami konsep IPA, mengembangkan keterampilan proses, serta menerapkan pengetahuan IPA dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.
Kurikulum proses pembelajaran dan penilaian merupakan tiga dimensi dari sekian banyak dimensi yang sangat penting dalam pendidikan Ketiga dimensi tersebut saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya Kurikulum merupakan penjabaran tujuan pendidikan yang menjadi landasan program pembelajaran proses pembelajaran merupakan upaya yang dilakukan guru untuk mencapai tujuan yang dirumuskan dalam kurikulum Penilaian merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mengukur dan menilai tingkat pencapaian kurikulum dan berhasil tidaknya proses pembelajaran Penilaian juga digunakan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan yang ada dalam proses pembelajaran sehingga dapat dijadikan dasar untuk pengambilan keputusan misalnya Apakah proses pembelajaran sudah baik dan dapat dilanjutkan atau masih perlu perbaikan dan penyempurnaan Oleh sebab itu di samping kurikulum yang cocok dan proses pembelajaran yang benar ada sistem penilaian yang baik dan terencana
Jumlah Halaman | 88 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-329-568-0 |
eISBN | proses |