Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan lengkap dan mudah dipahami untuk mempelajari teknik pembuatan animasi 2D, khususnya menggunakan perangkat lunak Macromedia Flash Professional 8. Buku ini ditujukan bagi pemula yang ingin memulai perjalanan belajar animasi dengan pendekatan praktis dan kreatif. Materi yang disajikan disusun secara berurutan, mulai dari sejarah animasi hingga prinsip-prinsip dasar pembuatan animasi 2D, serta langkah-langkah pembuatan animasi yang jelas dan sistematis. Buku ini juga membahas berbagai alat dan teknik animasi yang berkembang sepanjang sejarah, seperti thaumatrope, phenakistoskope, zoetrope, praxinoscope, dan flipbook, yang menjadi dasar perkembangan animasi modern. Selain itu, buku ini memperkenalkan konsep animasi 2D secara mendalam, yaitu karya gambar gerak yang menggunakan lingkungan dua dimensi (X dan Y), dengan gambar yang digerakkan satu persatu sehingga terlihat hidup dan nyata dari sudut pandang satu arah atau dari depan. Dengan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti, buku ini membekali pembaca dengan keterampilan dasar dan kreativitas dalam membuat animasi 2D. Harapan penulis adalah agar pembaca, terutama siswa, dapat mencoba langsung atau mengembangkan berbagai macam animasi 2D sesuai dengan kreasi dan jiwa seni yang dimilikinya. Buku ini juga merupakan hasil dari Pelatihan Kelas Menulis SaguSabu yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Limapuluh Kota, sebagai upaya meningkatkan kemampuan menulis dan keterampilan teknis dalam bidang animasi.
Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan lengkap dan mudah dipahami untuk mempelajari teknik pembuatan animasi 2D, khususnya menggunakan perangkat lunak Macromedia Flash Professional 8. Buku ini ditujukan bagi pemula yang ingin memulai perjalanan belajar animasi dengan pendekatan praktis dan kreatif. Materi yang disajikan disusun secara berurutan, mulai dari sejarah animasi hingga prinsip-prinsip dasar pembuatan animasi 2D, serta langkah-langkah pembuatan animasi yang jelas dan sistematis. Buku ini juga membahas berbagai alat dan teknik animasi yang berkembang sepanjang sejarah, seperti thaumatrope, phenakistoskope, zoetrope, praxinoscope, dan flipbook, yang menjadi dasar perkembangan animasi modern. Selain itu, buku ini memperkenalkan konsep animasi 2D secara mendalam, yaitu karya gambar gerak yang menggunakan lingkungan dua dimensi (X dan Y), dengan gambar yang digerakkan satu persatu sehingga terlihat hidup dan nyata dari sudut pandang satu arah atau dari depan. Dengan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti, buku ini membekali pembaca dengan keterampilan dasar dan kreativitas dalam membuat animasi 2D. Harapan penulis adalah agar pembaca, terutama siswa, dapat mencoba langsung atau mengembangkan berbagai macam animasi 2D sesuai dengan kreasi dan jiwa seni yang dimilikinya. Buku ini juga merupakan hasil dari Pelatihan Kelas Menulis SaguSabu yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Limapuluh Kota, sebagai upaya meningkatkan kemampuan menulis dan keterampilan teknis dalam bidang animasi.
Jumlah Halaman | 188 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-623-248-201-2 |
eISBN |