Sinopsis Buku: Buku *Assessment Higher Order Thinking Skills* ini merupakan panduan komprehensif tentang penilaian berpikir tingkat tinggi (HOTS) dalam konteks pendidikan. Buku ini dirancang untuk membantu guru, pengembang kurikulum, dan pelaku pendidikan dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi penilaian yang mampu mengukur kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan analitis peserta didik. Buku ini membahas berbagai aspek penting dalam penilaian, termasuk definisi dan ciri-ciri tes yang baik, tujuan tes, serta berbagai macam bentuk tes, termasuk tes buatan guru dan tes kinerja. Selain itu, buku ini juga menjelaskan konsep dan teori pembelajaran yang menjadi landasan evaluasi, serta berbagai strategi dan perangkat penilaian nontes yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi. Dalam bagian khusus, buku ini menjelaskan cara mengukur serta mengatur penilaian peserta didik dengan pendekatan kognitif dan kontekstual, serta bagaimana memperkembangkan dimensi pengetahuan dan proses kognitif. Buku ini juga membahas reliabilitas dan validitas dalam penilaian, serta teknik analisis butir soal secara kuantitatif dan kualitatif untuk meningkatkan kualitas soal dan penilaian. Dengan berbagai informasi yang disajikan secara terstruktur dan jelas, buku ini menjadi sumber referensi yang bermanfaat bagi mahasiswa, guru, dan semua pihak yang tertarik dalam pengembangan penilaian berpikir tingkat tinggi.
Buku daras ini merupakan pengejawantahan dari kumpulan kumpulan artikel dan buku buku yang sesuai dengan tema sehingga menghasilkan sebuah buku yang bisa kita baca bersama sama buku ini sebagai bahan untuk melakukan penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa
Jumlah Halaman | 257 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Samudra Biru |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-5960-39-0 |
eISBN | proses |