Sinopsis Buku: Asesmen Pembelajaran Berbasis Komputer dan Android Buku ini membahas secara mendalam tentang konsep, prinsip, dan pendekatan dalam penilaian hasil belajar, khususnya dalam konteks penggunaan teknologi komputer dan android. Buku ini memberikan penjelasan yang jelas dan sistematis mengenai hakikat penilaian, termasuk perbedaan antara pengukuran, penilaian, dan evaluasi. Selain itu, buku ini juga menjelaskan berbagai jenis penilaian seperti penilaian formatif, sumatif, diagnostik, selektif, dan penempatan, serta pendekatan penilaian berdasarkan acuan norma (PAN) dan acuan patokan (PAP). Buku ini juga memandu pembaca dalam pengembangan dan penyusunan tes yang berkualitas, termasuk penyusunan kisi-kisi, perumusan indikator, dan pembuatan butir soal berbagai bentuk seperti tes benar-salah, menjodohkan, pilihan ganda, dan esai. Penulis menjelaskan kelebihan dan kelemahan masing-masing bentuk tes, serta memberikan pedoman praktis dalam penyusunan dan penilaian soal. Selain itu, buku ini juga menyertakan informasi tentang hukum dan sanksi terkait pelanggaran hak cipta dalam penggunaan materi pembelajaran secara komersial, sebagai bentuk perlindungan terhadap karya intelektual. Buku ini sangat bermanfaat bagi para pendidik, guru, dan pengembang pembelajaran yang ingin memanfaatkan teknologi komputer dan android dalam proses penilaian dan pembelajaran. Dengan pendekatan yang praktis dan komprehensif, buku ini menjadi sumber referensi yang mendukung pengembangan asesmen pembelajaran yang inovatif dan efektif.
Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi TIK pada lembaga pendidikan saat ini sudah menjadi keharusan karena penerapan TIK dapat menjadi salah satu indikator keberhasilan suatu institusi pendidikan Tidak sedikit dosen yang memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut Tren terbaru dalam dunia e learning saat ini adalah penggunaan komputer dan media portable seperti smartphone untuk mengakses pembelajaran Penggunaan perangkat pintar smartphone sebagai penunjang proses belajar mengajar ini dirasa bisa menambah fleksibilitas dalam kegiatan belajar mengajar Buku ini diharapkan dapat menjadi pegangan dalam membangun ujian yang berbasis komputer atau handphone untuk penggunaan ujian dan seleksi Pembaca diharapkan dapat secara mandiri mengimplementasikannya sesuai dengan kebutuhannya
Jumlah Halaman | 240 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Kencana |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-218-298-1 |
eISBN | 978-623-218-299-8 |