Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan praktis bagi para guru dalam mengembangkan soal-soal asesmen kompetensi minimum (AKM) yang setara dengan soal-soal Programme for International Student Assessment (PISA). Buku ini dirancang untuk mendukung implementasi AKM di tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK), serta Madrasah. Buku ini memberikan contoh soal-soal AKM yang mengukur kemampuan penalaran siswa dalam ranah kognitif, baik dalam membaca teks (literasi) maupun dalam menyelesaikan masalah matematika (numerasi). Soal-soal yang disajikan dirancang untuk menggambarkan kemampuan siswa dalam berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif—keterampilan yang sangat penting dalam menghadapi tantangan di era informasi abad ke-21. Selain itu, buku ini juga menjelaskan pentingnya asesmen kompetensi minimum sebagai bentuk pengukuran kemampuan bernalar, bukan sekadar penguasaan konten. Dengan mengacu pada praktik internasional seperti PISA dan TIMSS, buku ini memberikan dasar dan panduan untuk mengembangkan soal-soal yang relevan, valid, dan berorientasi pada peningkatan kualitas pembelajaran secara internal. Buku ini menjadi acuan penting bagi guru dalam merancang dan mengembangkan asesmen yang efektif untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa.
Buku ini ditujukan bagi guru dan mahasiswa kependidikan sebagai referensi dalam menyusun instrumen untuk Asesmen Kompetensi Minimum AKM bagi siswa Buku ini juga dapat dipelajari oleh siswa untuk mengenal Asesmen Kompetensi Minimum akan diberlakukan unt
Jumlah Halaman | 257 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Rosda |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-602-446-517-9 |
eISBN | 978-602-446-537-7 |