Sinopsis Buku: Buku *ASESMEN ANAK USIA DINI (Teori dan Aplikasi)* ini merupakan panduan lengkap dan praktis bagi para pendidik, terutama guru TK, dalam melakukan penilaian dan evaluasi pembelajaran anak usia dini secara terstruktur dan sistematis. Buku ini disusun berdasarkan pedoman penilaian pembelajaran yang dikeluarkan oleh Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Kemendikbud tahun 2015. Dalam buku ini, penulis menjelaskan tiga teknik utama dalam penilaian anak usia dini, yaitu *Ceklis*, *Catatan Anekdot*, dan *Hasil Karya*. Teknik *Ceklis* menjadi yang paling banyak digunakan dalam praktik sehari-hari. Selain itu, buku ini juga membahas pengembangan aplikasi *e-Raport TK* yang merupakan inovasi dalam proses penilaian. Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan guru dalam mengisi data penilaian, mengurangi beban administratif, serta meningkatkan kualitas pendampingan terhadap anak didik. Buku ini dilengkapi dengan *manual e-Raport TK* versi 2.0 yang menjelaskan cara penggunaan aplikasi secara detail, serta diimbangi dengan testimoni para guru yang telah mengikuti pelatihan dan mengaplikasikan metode ini. Dengan adanya buku ini, diharapkan penilaian di PAUD dan TK dapat lebih efektif, efisien, dan berkelanjutan, sehingga memfasilitasi langkah-langkah evaluasi mingguan, bulanan, bahkan semesteran. Buku ini sangat cocok bagi para guru, pengelola lembaga PAUD, dan calon pendidik yang ingin memperkaya pengetahuan dan keterampilan dalam melaksanakan penilaian pembelajaran anak usia dini secara profesional dan berbasis teknologi.
Selain konsep asesmen secara teoritik buku ini juga menyajikan Aplikasi e Raport TK Aplikasi e Raport TK ini merupakan aplikasi manajemen raport yang bertujuan untuk memudahkan Pendidik PAUD dan TK lembaga PAUD dalam melaksanakan penilaian dan evaluasi pembelajaran secara terstruktur dan sistematis
Jumlah Halaman | 101 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | nuha medika |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-602-6243-99-7 |
eISBN | proses |