Sinopsis Buku: Buku *Asa dalam Riak Pendidikan* karya Raden Gantyo Suhartono merupakan kumpulan artikel yang telah ditulis penulis sejak tahun 2002, sebagian besar telah dipublikasikan sebelumnya. Buku ini hadir sebagai upaya untuk memberikan edukasi dan inspirasi bagi para guru, orang tua, pecinta buku, serta masyarakat yang peduli terhadap dunia pendidikan. Isi buku ini membahas berbagai aspek terkait perkembangan pendidikan, dengan fokus pada implikasi teori belajar dalam proses pembelajaran, serta tantangan dan peluang dalam reformasi pendidikan kedua. Dalam bab pertama, penulis menguraikan peran teori belajar dalam proses pembelajaran, khususnya dalam membentuk kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa. Penulis juga menjelaskan peran guru sebagai fasilitator yang harus mempersiapkan rancangan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak didik. Di sini, penulis menghadirkan pandangan dari berbagai tokoh psikologi belajar, seperti E. Mulyasa, Piaget, Bruner, dan Ausubel, serta membandingkan kontribusi mereka terhadap pemahaman tentang proses belajar dan pengembangan intelektual anak. Dalam bab kedua, penulis menggali kembali pertanyaan penting tentang perlunya reformasi pendidikan kedua. Penulis menyoroti tantangan yang dihadapi sistem pendidikan saat ini dan mempertanyakan apakah reformasi pendidikan kedua adalah jawaban yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Penulis juga mengajak pembaca untuk berpikir kritis dan merenungkan peran serta tanggung jawab semua pihak dalam memajukan dunia pendidikan. Buku ini juga menyertakan referensi dan profil penulis untuk memperkaya konten yang disampaikan. Dengan bahasa yang jelas dan mudah dipahami, buku ini diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi dan edukasi bagi siapa pun yang peduli terhadap perkembangan pendidikan di Indonesia. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi dunia pendidikan, masyarakat, dan kita yang peduli terhadap perkembangan pendidikan.
Sinopsis Buku: Buku *Asa dalam Riak Pendidikan* karya Raden Gantyo Suhartono merupakan kumpulan artikel yang telah ditulis penulis sejak tahun 2002, sebagian besar telah dipublikasikan sebelumnya. Buku ini hadir sebagai upaya untuk memberikan edukasi dan inspirasi bagi para guru, orang tua, pecinta buku, serta masyarakat yang peduli terhadap dunia pendidikan. Isi buku ini membahas berbagai aspek terkait perkembangan pendidikan, dengan fokus pada implikasi teori belajar dalam proses pembelajaran, serta tantangan dan peluang dalam reformasi pendidikan kedua. Dalam bab pertama, penulis menguraikan peran teori belajar dalam proses pembelajaran, khususnya dalam membentuk kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa. Penulis juga menjelaskan peran guru sebagai fasilitator yang harus mempersiapkan rancangan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak didik. Di sini, penulis menghadirkan pandangan dari berbagai tokoh psikologi belajar, seperti E. Mulyasa, Piaget, Bruner, dan Ausubel, serta membandingkan kontribusi mereka terhadap pemahaman tentang proses belajar dan pengembangan intelektual anak. Dalam bab kedua, penulis menggali kembali pertanyaan penting tentang perlunya reformasi pendidikan kedua. Penulis menyoroti tantangan yang dihadapi sistem pendidikan saat ini dan mempertanyakan apakah reformasi pendidikan kedua adalah jawaban yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Penulis juga mengajak pembaca untuk berpikir kritis dan merenungkan peran serta tanggung jawab semua pihak dalam memajukan dunia pendidikan. Buku ini juga menyertakan referensi dan profil penulis untuk memperkaya konten yang disampaikan. Dengan bahasa yang jelas dan mudah dipahami, buku ini diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi dan edukasi bagi siapa pun yang peduli terhadap perkembangan pendidikan di Indonesia. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi dunia pendidikan, masyarakat, dan kita yang peduli terhadap perkembangan pendidikan.
Jumlah Halaman | 70 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | PT. Mediaguru Digital Indonesia |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-300-056-7 |
eISBN |