Sinopsis Buku: Buku *Apresiasi Sastra Indonesia dan Pembelajarannya* merupakan panduan komprehensif dalam memahami dan mengapresiasi karya sastra Indonesia, khususnya puisi dan prosa fiksi. Buku ini dirancang untuk membekali pembaca, terutama mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, mahasiswa sastra, guru, serta akademisi, dengan pengetahuan yang mendalam mengenai konsep dasar apresiasi sastra, baik secara reseptif maupun produktif. Buku ini dibagi menjadi beberapa bab yang saling terkait, mulai dari pendahuluan yang memberikan gambaran umum, hingga bab-bab khusus yang membahas ekspresi puisi dan prosa fiksi. Bab IV menjelaskan ekspresi puisi yang mencakup kegiatan baca puisi, berbalas pantun, dan musikalisasi puisi, serta mencipta puisi. Bab V fokus pada ekspresi prosa fiksi, termasuk mendongeng, membaca cerita anak, cerpen, dan novel, serta tahapan mencipta cerpen. Bab VI membahas publikasi puisi dan prosa fiksi, termasuk penyusunan puding, mading, antologi, dan kumpulan puisi/cerpen. Selain itu, buku ini juga menyediakan contoh karya sastra yang dipilih secara selektif untuk memfasilitasi proses apresiasi dan pembelajaran. Buku ini dilengkapi dengan glosarium, daftar pustaka, dan contoh lembar kerja musikalisaasi puisi sebagai pendukung pembelajaran. Dengan pendekatan yang sistematis dan terstruktur, buku ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan apresiatif dan kreatif pembaca dalam menghadapi karya sastra Indonesia, baik yang lama maupun yang modern.
Sinopsis Buku: Buku *Apresiasi Sastra Indonesia dan Pembelajarannya* merupakan panduan komprehensif dalam memahami dan mengapresiasi karya sastra Indonesia, khususnya puisi dan prosa fiksi. Buku ini dirancang untuk membekali pembaca, terutama mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, mahasiswa sastra, guru, serta akademisi, dengan pengetahuan yang mendalam mengenai konsep dasar apresiasi sastra, baik secara reseptif maupun produktif. Buku ini dibagi menjadi beberapa bab yang saling terkait, mulai dari pendahuluan yang memberikan gambaran umum, hingga bab-bab khusus yang membahas ekspresi puisi dan prosa fiksi. Bab IV menjelaskan ekspresi puisi yang mencakup kegiatan baca puisi, berbalas pantun, dan musikalisasi puisi, serta mencipta puisi. Bab V fokus pada ekspresi prosa fiksi, termasuk mendongeng, membaca cerita anak, cerpen, dan novel, serta tahapan mencipta cerpen. Bab VI membahas publikasi puisi dan prosa fiksi, termasuk penyusunan puding, mading, antologi, dan kumpulan puisi/cerpen. Selain itu, buku ini juga menyediakan contoh karya sastra yang dipilih secara selektif untuk memfasilitasi proses apresiasi dan pembelajaran. Buku ini dilengkapi dengan glosarium, daftar pustaka, dan contoh lembar kerja musikalisaasi puisi sebagai pendukung pembelajaran. Dengan pendekatan yang sistematis dan terstruktur, buku ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan apresiatif dan kreatif pembaca dalam menghadapi karya sastra Indonesia, baik yang lama maupun yang modern.