Logo Bacabuku
Aplikasi Teori Pemasaran pada Komoditi Perikanan dan Kelautan

Aplikasi Teori Pemasaran pada Komoditi Perikanan dan Kelautan

Dr. Ir. Mimit Primyastanto, MP
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini menjelaskan penerapan teori pemasaran dalam konteks komoditi perikanan dan kelautan, dengan fokus pada strategi pemasaran yang relevan dan efektif untuk meningkatkan nilai ekspor serta memperkuat posisi Indonesia di pasar global. Buku ini didasarkan pada ayat Al-Qur’an Surah An-Nisa’ ayat 29 yang menekankan pentingnya keadilan, transparansi, dan keberlanjutan dalam kegiatan pemasaran. Buku ini mengupas berbagai aspek penting dalam pemasaran komoditi perikanan, termasuk peran pemerintah dalam mendukung pengembangan sektor perekonomian rakyat, khususnya pedagang pasar tradisional, serta pentingnya modernisasi pasar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dalam konteks ini, buku ini juga menyoroti peran UMKM dalam perekonomian nasional dan bagaimana mereka dapat terlibat dalam pengembangan pasar komoditi perikanan secara lebih luas. Selain itu, buku ini juga memberikan wawasan bagi mahasiswa, akademisi, dan praktisi bisnis dalam memahami dinamika pemasaran di sektor perikanan yang memiliki potensi besar untuk mendorong pengentasan kemiskinan dan ketahanan pangan. Buku ini menjadi sumber referensi yang komprehensif dan relevan bagi siapa pun yang tertarik dalam mengembangkan bisnis dan strategi pemasaran di bidang perikanan dan kelautan.

Sinopsis ebook

Hai mu min janganlah kamu memakan harta diantaramu dengan cara yang batil melainkan dengan jalan jual beli diantaramu dengan sukarela Dan janganlah kamu membunuh dirimu Sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang terhadapmu Q S An Nisa 29 Besarnya potensi ekonomi sumber daya perikanan diestimasi mencapai US 82 29 Miliar dolar per tahun Potensi tersebut meliputi potensi perikanan tangkap sebesar US 15 11 Miliar dolar per tahun 18 36 potensi budidaya laut sebesar US 46 71 Miliar dolar per tahun 56 76 potensi peraian umum sebesar US 1 12 Miliar dolar per tahun 1 36 potensi budiday tambak sebesar US 10 03 Miliar per tahun 12 19 potensi budidaya air tawar sebesar US 5 27 Miliar dolar per tahun 6 41 dan potensi bioteknologi kelautan sebesar US 4 05 Miliar dolar per tahun 4 92 Di samping itu masih ada potensi lainnya yang dapat dikelola seperti sumber daya yang tidak dapat diperbarui maupun yang dapat diperbarui sehingga dapat memberikan kontribusi yang nyata bagi pembangunan Indonesia Dalam pelaksanaan manajemen pemasaran seorang manajer harus mampu melaksanakan fungsi manajemen Fungsi tersebut terdiri dari perencanaan Planning pengorganisasian organizing pergerakan actuating dan pengawasan controlling Disamping itu ada tiga aspek utama dalam bisnis termasuk bisnis komoditi perikanan dan kelautan juga memerlukan manajemen yaitu aspek produksi aspek keuangan dan aspek pemasaran Kegiatan pemasaran dapat dikelompokkan menjadi empat bagian besar yaitu barang jasa product harga price distribusi place dan promosi termasuk penjualan promotion Keempat aspek tersebut juga merupakan strategi pemasaran yang disesuaikan dengan perkembangan pasar

Detail Buku

Jumlah Halaman 250
Kategori Pertanian Perkebunan Peternakan dan Kelautan
Penerbit UB PRESS
Tahun Terbit 2014
ISBN 978-602-203-610-4
eISBN 978-602-203-609-8
Aplikasi Teori Pemasaran pada Komoditi Perikanan dan Kelautan

Aplikasi Teori Pemasaran pada Komoditi Perikanan dan Kelautan

Dr. Ir. Mimit Primyastanto, MP