Logo Bacabuku
Aplikasi Cooperative Learning Number Head Together di Sekolah

Aplikasi Cooperative Learning Number Head Together di Sekolah

M. Ihsan
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas penerapan model pembelajaran kooperatif *Number Head Together* (NHT) dalam konteks pendidikan di sekolah, khususnya di SDN 12 Koto Baru, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat. Model pembelajaran NHT merupakan salah satu pendekatan kooperatif yang bertujuan meningkatkan partisipasi aktif siswa, meningkatkan pemahaman materi, serta membangun keterampilan sosial dan kolaboratif melalui kerja kelompok. Buku ini juga menjelaskan pentingnya peran guru dalam mengubah paradigma pembelajaran dari model mengajar tradisional menjadi model belajar aktif, sejalan dengan tuntutan kurikulum 2013 yang menekankan penguatan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan sosial. Selain itu, buku ini menjelaskan tiga domain penilaian berdasarkan Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016, yaitu sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Dalam buku ini, penulis juga menyajikan hasil penelitian, pembahasan, dan implikasi dari penerapan model NHT dalam pembelajaran. Penulis berharap buku ini dapat menjadi acuan dan referensi bagi guru, pengambil kebijakan pendidikan, serta pembaca yang tertarik pada pendekatan pembelajaran kooperatif yang efektif dan inovatif. Buku ini dilengkapi dengan daftar pustaka dan profil penulis, serta diterbitkan oleh PT. Mediaguru Digital Indonesia.

Sinopsis ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas penerapan model pembelajaran kooperatif *Number Head Together* (NHT) dalam konteks pendidikan di sekolah, khususnya di SDN 12 Koto Baru, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat. Model pembelajaran NHT merupakan salah satu pendekatan kooperatif yang bertujuan meningkatkan partisipasi aktif siswa, meningkatkan pemahaman materi, serta membangun keterampilan sosial dan kolaboratif melalui kerja kelompok. Buku ini juga menjelaskan pentingnya peran guru dalam mengubah paradigma pembelajaran dari model mengajar tradisional menjadi model belajar aktif, sejalan dengan tuntutan kurikulum 2013 yang menekankan penguatan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan sosial. Selain itu, buku ini menjelaskan tiga domain penilaian berdasarkan Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016, yaitu sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Dalam buku ini, penulis juga menyajikan hasil penelitian, pembahasan, dan implikasi dari penerapan model NHT dalam pembelajaran. Penulis berharap buku ini dapat menjadi acuan dan referensi bagi guru, pengambil kebijakan pendidikan, serta pembaca yang tertarik pada pendekatan pembelajaran kooperatif yang efektif dan inovatif. Buku ini dilengkapi dengan daftar pustaka dan profil penulis, serta diterbitkan oleh PT. Mediaguru Digital Indonesia.

Detail Buku

Jumlah Halaman 70
Kategori Pendidikan
Penerbit PT. Mediaguru Digital Indonesia
Tahun Terbit 2018
ISBN 978-602-497-114-4
eISBN
Aplikasi Cooperative Learning Number Head Together di Sekolah

Aplikasi Cooperative Learning Number Head Together di Sekolah

M. Ihsan