Sinopsis Buku: Buku ini membahas penerapan model pembelajaran kooperatif *Number Head Together* (NHT) dalam konteks pendidikan di sekolah, khususnya di SDN 12 Koto Baru, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat. Model pembelajaran NHT merupakan salah satu pendekatan kooperatif yang bertujuan meningkatkan partisipasi aktif siswa, meningkatkan pemahaman materi, serta membangun keterampilan sosial dan kolaboratif melalui kerja kelompok. Buku ini juga menjelaskan pentingnya peran guru dalam mengubah paradigma pembelajaran dari model mengajar tradisional menjadi model belajar aktif, sejalan dengan tuntutan kurikulum 2013 yang menekankan penguatan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan sosial. Selain itu, buku ini menjelaskan tiga domain penilaian berdasarkan Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016, yaitu sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Dalam buku ini, penulis juga menyajikan hasil penelitian, pembahasan, dan implikasi dari penerapan model NHT dalam pembelajaran. Penulis berharap buku ini dapat menjadi acuan dan referensi bagi guru, pengambil kebijakan pendidikan, serta pembaca yang tertarik pada pendekatan pembelajaran kooperatif yang efektif dan inovatif. Buku ini dilengkapi dengan daftar pustaka dan profil penulis, serta diterbitkan oleh PT. Mediaguru Digital Indonesia.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas penerapan model pembelajaran kooperatif *Number Head Together* (NHT) dalam konteks pendidikan di sekolah, khususnya di SDN 12 Koto Baru, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat. Model pembelajaran NHT merupakan salah satu pendekatan kooperatif yang bertujuan meningkatkan partisipasi aktif siswa, meningkatkan pemahaman materi, serta membangun keterampilan sosial dan kolaboratif melalui kerja kelompok. Buku ini juga menjelaskan pentingnya peran guru dalam mengubah paradigma pembelajaran dari model mengajar tradisional menjadi model belajar aktif, sejalan dengan tuntutan kurikulum 2013 yang menekankan penguatan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan sosial. Selain itu, buku ini menjelaskan tiga domain penilaian berdasarkan Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016, yaitu sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Dalam buku ini, penulis juga menyajikan hasil penelitian, pembahasan, dan implikasi dari penerapan model NHT dalam pembelajaran. Penulis berharap buku ini dapat menjadi acuan dan referensi bagi guru, pengambil kebijakan pendidikan, serta pembaca yang tertarik pada pendekatan pembelajaran kooperatif yang efektif dan inovatif. Buku ini dilengkapi dengan daftar pustaka dan profil penulis, serta diterbitkan oleh PT. Mediaguru Digital Indonesia.
Jumlah Halaman | 70 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | PT. Mediaguru Digital Indonesia |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-497-114-4 |
eISBN |