Sinopsis Buku: Buku ini membahas tantangan dan peran penting dosen dalam sistem pendidikan, khususnya dalam konteks pendidikan Islam. Penulis mengupas secara mendalam tentang kebiasaan mengajar yang sering kali dianggap sebagai rutinitas, yang berpotensi menghambat proses belajar dan pengembangan akademik mahasiswa. Dalam buku ini, disampaikan bahwa kegiatan mengajar bukan sekadar kegiatan harian, melainkan proses yang memerlukan persiapan, inovasi, dan pengembangan diri. Penulis menyoroti bagaimana kebiasaan menyuapi mahasiswa berpotensi mengurangi kualitas proses belajar, karena belajar secara konvensional diartikan sebagai perubahan tingkah laku yang terjadi akibat pengalaman dan latihan. Selain itu, buku ini juga menggambarkan perbandingan antara sistem pendidikan di Barat dan Nusantara. Di Barat, anak didik tidak dimanjakan secara berlebihan, sehingga mereka lebih mampu mempelajari fenomena alam dan berpikir kritis. Sebaliknya, di Nusantara, keberadaan alam seringkali dianggap sebagai keuntungan yang berlebihan, sehingga anak didik cenderung kurang mempelajari fenomena alam secara mendalam. Penulis juga menekankan pentingnya keteladanan dosen sebagai bagian dari upaya memperbaiki tradisi akademis dan mencerdaskan umat melalui pendidikan. Buku ini menjadi panduan untuk memahami dinamika peran dosen dalam kurikulum, serta pentingnya pengembangan diri, inovasi, dan partisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Penulis menawarkan solusi melalui pelatihan dan pengembangan kompetensi dosen, agar mereka mampu menjadi pengajar yang mampu menumbuhkan semangat belajar dan rasa ingin tahu di kalangan mahasiswa.
Buku yang ditulis penulis ini hadir sebagai respons seorang penekun pendidikan yang sehari hari bergulat di dalamnya terhadap problematika pendidikan dalam konteks kekinian Memang buku ini sifatnya tematis dan problematikanya pun beragam karen
Jumlah Halaman | 173 |
---|---|
Kategori | Agama |
Penerbit | Aneka Ilmu |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | - |
eISBN | 978-979-070-531-9 |