Sinopsis Buku: Buku *Antologi Manajemen Pendidikan Islam: Teori & Praktik* ini merupakan kumpulan artikel yang ditulis oleh para mahasiswa Magister Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Buku ini terbit sebagai bentuk ikhtiar intelektual para penulis dalam berkontribusi pada pengembangan kajian-kajian tentang Manajemen Pendidikan Islam, baik secara teoritik maupun praktis di berbagai lembaga pendidikan. Dalam buku ini terdapat berbagai topik yang relevan dengan studi manajemen pendidikan Islam, seperti kepemimpinan perspektif Maqashid Asy-Syari’ah, motivasi mengajar guru PAUD, praktik *knowledge management* di SMK, inovasi pendidikan di era disrupsi, *wealth management* dalam konteks pendidikan, manajemen pendidikan entrepreneurship, serta pemasaran jasa pendidikan melalui pendekatan *balanced scorecard*. Selain itu, buku ini juga mencakup pembahasan filosofis kajian Manajemen Pendidikan Islam, termasuk aspek antologis, epistemologis, dan aksiologis. Buku ini dirancang untuk menjadi referensi bagi mahasiswa, akademisi, serta praktisi pendidikan dalam menggali pengetahuan dan pengalaman nyata terkait pengelolaan lembaga pendidikan Islam secara komprehensif dan berbasis nilai-nilai Islam. Dengan berbagai studi kasus dan pendekatan teoritis yang relevan, buku ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan ilmu dan praktik manajemen pendidikan Islam di Indonesia.
Sinopsis Buku: Buku *Antologi Manajemen Pendidikan Islam: Teori & Praktik* ini merupakan kumpulan artikel yang ditulis oleh para mahasiswa Magister Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Buku ini terbit sebagai bentuk ikhtiar intelektual para penulis dalam berkontribusi pada pengembangan kajian-kajian tentang Manajemen Pendidikan Islam, baik secara teoritik maupun praktis di berbagai lembaga pendidikan. Dalam buku ini terdapat berbagai topik yang relevan dengan studi manajemen pendidikan Islam, seperti kepemimpinan perspektif Maqashid Asy-Syari’ah, motivasi mengajar guru PAUD, praktik *knowledge management* di SMK, inovasi pendidikan di era disrupsi, *wealth management* dalam konteks pendidikan, manajemen pendidikan entrepreneurship, serta pemasaran jasa pendidikan melalui pendekatan *balanced scorecard*. Selain itu, buku ini juga mencakup pembahasan filosofis kajian Manajemen Pendidikan Islam, termasuk aspek antologis, epistemologis, dan aksiologis. Buku ini dirancang untuk menjadi referensi bagi mahasiswa, akademisi, serta praktisi pendidikan dalam menggali pengetahuan dan pengalaman nyata terkait pengelolaan lembaga pendidikan Islam secara komprehensif dan berbasis nilai-nilai Islam. Dengan berbagai studi kasus dan pendekatan teoritis yang relevan, buku ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan ilmu dan praktik manajemen pendidikan Islam di Indonesia.
Jumlah Halaman | 208 |
---|---|
Kategori | Manajemen |
Penerbit | UIN Sunan Kalijaga |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-602-51969-7-3 |
eISBN |