Logo Bacabuku
ANTOLOGI ; Pemikiran Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam

ANTOLOGI ; Pemikiran Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam

Abdul Munir Mulkhan; Muh. Anis; M. Jamroh Latief; Sibawaihi; Hamruni; Juwariyah; Dkk
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas berbagai pemikiran dan praktik dalam bidang pendidikan Islam, serta menjelaskan tantangan dan solusi dalam manajemen pendidikan Islam. Dalam konteks pemikiran pendidikan Islam, buku ini mengupas konsep tarbiyah sebagai ilmu dasar keilmuan dalam pendidikan Islam, serta menjelaskan peran dan makna ayat-ayat pendidikan dalam mengembangkan peradaban umat manusia. Selain itu, buku ini juga membahas strategi pengembangan potensi diri melalui pendidikan, implikasi pemikiran ketuhanan Fazlur Rahman terhadap pendidikan Islam, serta pentingnya dimensi spiritual-etik dalam wawasan ilmu pendidikan. Dalam ranah manajemen pendidikan Islam, buku ini menggali gagasan tentang filsafat pendidikan Ibnu Khaldun, epistemologi pendidikan Islam humanis, dan isu-isu kritis dalam pendidikan Islam dari perspektif pedagogi kritis. Buku ini juga mengupas tantangan dalam penyelenggaraan pendidikan Islam, seperti dekadensi moral, korupsi, kolusi, dan nepotisme, serta menyoroti kegagalan pendidikan Islam dalam membentuk individu yang bermoral, jujur, dan berintegritas. Buku ini menawarkan jawaban dan solusi untuk berbagai masalah kependidikan Islam yang dihadapi, dengan harapan dapat menghasilkan lulusan yang kompeten, bertanggung jawab, dan berdisiplin tinggi. Buku ini merupakan kumpulan pemikiran dan kajian yang relevan untuk pengembangan pendidikan Islam yang lebih baik dan berkelanjutan.

Sinopsis ebook

Selama ini keilmuan dan pengembangan kependidikan Islam menghadapi berbagai tantangan dan kendala Mulai dari belum mapannya basis epistemologi sebagai dasar keilmuan kependidikan Islam sampai pengembangan metode strategi dan sistem pengelolaan kependidikan Problem epistemologis yang dimaksud adalah secara teoritis konseptual rumusan pendidikan Islam belum menemukan kemapanannya Rumusan konseptual kependidikan Islam seolah olah hanya mengubah memodifikasi dan menjustifikasi konsep rumusan kependidikan secara umum dan kemudian diberi semangat atau ruh keislaman Hal ini dapat dilihat dari langkanya untuk tidak mengatakan tidak dan tidak berkembangnya teoriteori kependidikan Islam berdasarkan riset mendalam dan merupakan jawaban dari berbagai persoalan yang dihadapi oleh umat muslim dalam hal kependidikan Meminjam istilah Thomas Kuhn 1970 pendidikan Islam belum mengalami paradigma shift pergeseran paradigma yang didasarkan pada anomali anomali yang muncul pada dataran epistemologis dan praksis pendidikan Islam Sebaliknya pendidikan Islam justeru masih terjebak pada tataran normal science yang mapan dan tanpa kritik

Detail Buku

Jumlah Halaman 350
Kategori Agama
Penerbit UIN Sunan Kalijaga
Tahun Terbit 2017
ISBN 978-602-61179-3-9
eISBN
ANTOLOGI ; Pemikiran Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam

ANTOLOGI ; Pemikiran Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam

Abdul Munir Mulkhan; Muh. Anis; M. Jamroh Latief; Sibawaihi; Hamruni; Juwariyah; Dkk