Logo Bacabuku
Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu

Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu

Dr. Andi Prastowo, S.Pd.I., M.Pd.I.
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku *Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu* karya Dr. Andi Prastowo, S.Pd.I., M.Pd.I. ini merupakan referensi terpadu yang menyajikan konsep, tujuan, kegunaan, serta keuntungan dari model pembelajaran tematik terpadu. Buku ini dirancang untuk memandu para pendidik dalam memahami dan menerapkan pembelajaran tematik secara holistik dan komprehensif. Dalam buku ini, penulis menjelaskan secara rinci analisis proses dan prosedur pembelajaran tematik terpadu, serta menyajikan berbagai instrumen dan rubrik penilaian yang dapat digunakan dalam implementasi pembelajaran tersebut. Buku ini menjadi satu-satunya referensi yang menyatukan berbagai unsur dalam pembelajaran tematik, sehingga menjadi sumber informasi yang lengkap dan mendalam bagi para pembaca. Penulis juga menyertakan berbagai contoh dan panduan praktis yang dapat langsung diterapkan di lapangan. Dengan penjelasan yang jelas dan terstruktur, buku ini menjadi panduan yang sangat bermanfaat bagi para guru, pengelola pendidikan, dan semua pihak yang tertarik dalam pengembangan pendidikan berbasis tematik. Buku ini terbit dalam edisi pertama pada bulan Januari 2019, dengan ISBN 978-602-422-712-8 (versi cetak) dan ISBN (E) 978-623-218-013-0 (versi elektronik). Buku ini merupakan hasil kerja keras penulis yang didukung oleh berbagai pihak, termasuk kolega, guru, dan penerbit, dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Sinopsis ebook

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan kecakapan di abad ke 21 dan utamanya di era Revolusi Industri 4 0 menuntut peserta didik memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi higher order thinking skills bukan hanya berpikir tingkat rendah lower order thinking skills Keterampilan berpikir kritis critical thinking berpikir kreatif creative thinking komunikasi communication dan kolaborasi collaboration menjadi satu keniscayaan dan kebutuhan utama dalam kehidupan generasi milenial maupun generasi Z Untuk itu transformasi budaya pembelajaran yang responsif adaptif dan kondusif untuk pengembangan keterampilan abad ke 21 dan keterampilan berpikir tingkat tinggi higher order thinking skills di lingkungan lembaga pendidikan utamanya sejak jenjang sekolah dasar madrasah ibtidaiyah menjadi hal yang sangat urgen dan mendesak Apalagi jika mencermati hasil survei PISA dan TIMSS sejak keikutsertaan pertama kalinya tahun 1999 hingga yang terbaru tahun 2015 Indonesia belum mampu beranjak dari peringkat 10 besar terbawah dari seluruh negara yang disurvei Ini bukti nyata masalah besar pendidikan dasar di Indonesia belum membekali keterampilan berpikir tingkat tinggi HOTS kepada peserta didik secara memadai utamanya pada jenjang pendidikan dasar Model pembelajaran tematik terpadu menciptakan budaya pembelajaran berpikir tingkat tinggi higher order thinking skills kontekstual holistik dan autentik Dalam model pembelajaran ini peserta didik dijadikan pusat pembelajaran student centered Peserta didik mendapatkan mileu yang autentik dan kontekstual sehingga rasa keingintahuan curiosity mereka tumbuh dari dalam dan alamiah sejalan dengan cara otak mereka belajar Keterampilan berpikir kritis dan kreatif terasah secara optimal melalui berbagai problem riil atau autentik yang dihadirkan dalam pembelajaran Terakhir peserta didik mendapatkan pengetahuan dan kecakapan hidup hardskill maupun softskill yang holistik bukan parsial Buku ini hadir sebagai sumber referensi sekaligus bahan analisis pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah SD MI yang secara terstruktur sudah dilaksanakan lima tahun terakhir dari 2013 sekarang Buku ini sangat direkomendasikan untuk matakuliah pembelajaran tematik maupun matakuliah analisis pembelajaran tematik terpadu di Program Studi PGSD PGMI Pendidikan Dasar Pendidikan Dasar Islam Buku ini sangat cocok untuk mahasiswa S 1 S 2 S 3 sekaligus dosen dan guru kelas SD MI serta para praktisi dan pemerhati pendidikan MI SD Selamat Membaca

Detail Buku

Jumlah Halaman 342
Kategori Pendidikan
Penerbit Kencana
Tahun Terbit 2019
ISBN 978-602-422-712-8
eISBN 978-623-218-013-0
Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu

Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu

Dr. Andi Prastowo, S.Pd.I., M.Pd.I.