Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara mendalam tentang pengembangan program Taman Kanak-Kanak (TK) dan kebutuhan anak usia dini, serta berbagai aspek terkait perkembangan dan pendidikan anak dalam rentang usia 0–6 tahun. Buku ini dirancang sebagai buku ajar untuk program Studi Sarjana Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), dengan fokus pada analisis kebutuhan, kesehatan, komunikasi, dan tantangan dalam pendidikan anak usia dini. Dalam buku ini, dibahas berbagai topik utama seperti: 1. Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini – menjelaskan kebutuhan fisik, psikologis, sosial, dan emosional anak usia dini. 2. Kebutuhan Kesehatan dan Permasalahan Kesehatan Anak Usia Dini – mendiskusikan pertumbuhan dan perkembangan anak, serta permasalahan kesehatan yang sering dihadapi, termasuk penyakit menular dan upaya peningkatan kesehatan. 3. Kebutuhan Komunikasi dalam Pengasuhan – menjelaskan peran komunikasi dan bahasa dalam pengasuhan anak usia dini. 4. Analisis Problematika Pendidikan Anak Usia Dini – membahas tantangan, kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam pendidikan anak usia dini, serta strategi pemecahan masalah. Buku ini juga menyertakan referensi dari berbagai pakar tentang pentingnya pendidikan anak usia dini, serta prinsip-prinsip pendekatan dalam pembelajaran anak usia dini. Buku ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa, pendidik, dan orang tua yang ingin memahami lebih dalam tentang kebutuhan dan pengembangan anak usia dini. Selain itu, buku ini juga menyertakan informasi terkait hak cipta, katalog dalam terbitan, dan informasi penerbit serta kontak untuk konsultasi. Buku ini ditulis oleh Dr. MA. Muazar Habibi, S.Psi., M.Pd., seorang pakar dalam bidang pendidikan anak usia dini, yang berharap melalui buku ini dapat memberikan wawasan dan kontribusi dalam pengembangan pendidikan usia dini di Indonesia.
Dimensi dimensi perkembangan anak fisik sosial emosi kognitif dan spiritual berhubungan erat satu sama lain Perubahan dalam satu dimensi memengaruhi dan dipengaruhi oleh dimensi lain Perkembangan dalam satu dimensi dapat membatasi atau memfasilitasi per kembangan pada dimensi dimensi lainnya Sroufe Cooper DeHart 1992 Kostelnik Soderman Whiren 1993 Sebagai contoh ketika para bayi mulai belajar berjalan kemampuan mereka untuk menjelajahi lingkungan menjadi meluas dan pergerakan mereka ini pada gilirannya memengaruhi perkembangan kognitif mereka Demikian juga perkembangan dalam keterampilan berbahasa memengaruhi kemampuan anak anak untuk membangun hubungan hubungan sosial dengan orang dewasa dan anak anak yang lain dan pada gilirannya keterampilan keterampilan dalam interaksi sosial ini dapat mendukung atau menghambat perkembangan bahasa mereka Karena dimensi dimensi perkembangan tersebut berhubungan satu sama lain kita seharusnya menyadari Analisis kebutuhan betul hal ini dan menggunakan kesadaran ini untuk mengorganisasikan pengalaman pengalam belajar anak membantu anak anak berkembang secara optimal dalam semua dimensi perkembangan dirinya Sebagai pendidik misalnya kesadaran akan adanya hubungan antarsemua bagian perkembangan ini bermanfaat untuk perencanaan kurikulum untuk berbagai kelompok usia anak Kurikulum untuk bayi anak anak batita bayi sampai usia tiga tahun dan anak usia prasekolah hampir pasti digerakkan oleh kebutuhan untuk mendukung perkembangan yang sehat pada semua bagian diri anak Sementara untuk anak anak usia sekolah dasar perencanaan kurikulum diarahkan sebagai usaha usaha untuk membantu anak anak mengembangkan pemahaman pemahaman konseptual yang dapat diaplikasikan pada mata pelajaran yang dipelajari Untuk membentuk generasi terbaik kebutuhan anak usia dini harus terpenuhi Anak usia dini adalah anak dengan usia 0 6 tahun Beberapa orang menyebut fase atau masa ini sebagai golden age karena masa ini sangat menentukan seperti apa mereka kelak jika dewasa baik dari segi fisik mental maupun kecerdasan Tentu saja ada banyak faktor yang akan sangat memengaruhi dalam perjalanan mereka menuju kedewasaan tetapi apa yang mereka dapat dan apa yang diajarkan pada mereka pada usia dini akan tetap membekas dan bahkan memiliki pengaruh yang dominan dalam menentukan setiap pilihan dan langkah hidup mereka Anak Usia Dini adalah suatu usaha untuk mengetahui segala sesuatu yang dibutuhkan anak pada usia 0 6 tahun agar anak siap melanjutkan pendidikan selanjutnya
Jumlah Halaman | 0 |
---|---|
Kategori | Pendidikan Anak Usia Dini( PAUD ) |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2015 |
ISBN | 978-602-453-822-4 |
eISBN |