Logo Bacabuku
Analisis Hasil Belajar

Analisis Hasil Belajar

Drs. Dedy Kustawan, M.Pd.
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang Analisis Hasil Belajar, Program Perbaikan dan Pengayaan Peserta Didik Berkebutuhan Khusus. Buku ini ditulis oleh Drs. Dedy Kustawan, M.Pd., dan diterbitkan oleh PT. Luxima Metro Media. Buku ini merupakan panduan praktis yang bertujuan membantu para pendidik, khususnya guru, dalam melakukan analisis hasil belajar peserta didik berkebutuhan khusus, serta merancang dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan yang sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik tersebut. Buku ini terdiri dari beberapa bagian utama, antara lain: 1. Pendahuluan yang menjelaskan latar belakang dan pentingnya pendekatan pendidikan inklusif bagi peserta didik berkebutuhan khusus. 2. Peserta Didik Berkebutuhan Khusus yang menjelaskan definisi, karakteristik, serta satuan pendidikan tempat mereka belajar. 3. Analisis Hasil Belajar yang membahas pengertian, tujuan, cara, dan pelaporan hasil belajar peserta didik berkebutuhan khusus, termasuk penggunaan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) sebagai acuan. 4. Program Perbaikan dan Pelaksanaannya yang menjelaskan pengertian, tujuan, serta langkah-langkah dalam menyusun dan melaksanakan program perbaikan. 5. Program Pengayaan dan Pelaksanaannya yang membahas pengertian, tujuan, serta cara menyusun dan melaksanakan program pengayaan yang sesuai dengan kemampuan dan potensi peserta didik berkebutuhan khusus. 6. Penutup yang merangkum keseluruhan isi buku dan memberikan refleksi tentang pentingnya pendekatan pendidikan yang inklusif. Buku ini sangat relevan bagi para pendidik, khususnya guru kelas, dalam memenuhi kewajiban mereka dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan, serta dalam melaksanakan program bimbingan dan konseling bagi peserta didik berkebutuhan khusus. Dengan buku ini, para pendidik diharapkan dapat lebih memahami dan menerapkan pendekatan pendidikan yang efektif dan berkelanjutan dalam membantu peserta didik berkebutuhan khusus mencapai potensi terbaiknya.

Sinopsis ebook

Dalam proses mengukur menilai dan mengevaluasi pembelajaran guru melakukan Analisis Hasil Belajar AHB Kegiatan ini dapat dilakukan setelah ulangan harian UH ulangan tengah semester UTS ulangan akhir semester UAS dan ulangan kenaikan kelas UKK Dengan menganalisis hasil belajar akan diketahui peserta didik berkebutuhan khusus yang mencapai KKM sesuai atau di atas KKM dan yang belum mencapai KKM dengan istilah lain peserta didik yang mencapai standar di bawah standar dan di atas standar yang ditentukan Langkah selanjutnya mengetahui bahwa peserta didik berkebutuhan khusus yang mencapai KKM diberikan pengayaan dan yang belum mencapai KKM diberikan perbaikan Dengan analisis hasil belajar akan diketahui pula letak dan jenis kesulitan bagi peserta didik berkebutuhan khusus yang belum mencapai KKM yang selanjutnya akan dijadikan bahan penyusun program perbaikan Bagi peserta didik yang mencapai KKM selanjutnya diprogramkan dan dilaksanakan pengayaan Buku ini secara rinci menguraikan cara menganalisis hasil belajar perbaikan dan pengayaan bagi peserta didik berkebutuhan khusus

Detail Buku

Jumlah Halaman 120
Kategori Pendidikan
Penerbit Luxima Metro Media
Tahun Terbit 2013
ISBN 978-602-268-012-3
eISBN 978-602-268-395-7
Analisis Hasil Belajar

Analisis Hasil Belajar

Drs. Dedy Kustawan, M.Pd.