Sinopsis Buku "Anak, Kreativitas dan Seninya (Musik)" Buku ini membahas peran penting musik dalam pengembangan kreativitas dan seni pada anak. Dalam konteks pendidikan, musik dianggap sebagai salah satu dari empat lembaga kebenaran yang mampu membentuk manusia menjadi pribadi yang seutuhnya. Buku ini menjelaskan bahwa musik bukan hanya sekadar bentuk kesenian, tetapi juga alat untuk meningkatkan minat belajar, pengembangan kognitif, emosional, sosial, dan spiritual anak. Buku ini juga menyoroti pentingnya legalitas musik dalam konteks pendidikan, terutama dalam memperhatikan fungsi dan pemanfaatan musik dalam lingkungan belajar. Buku ini menyajikan sejarah musik secara sederhana, terutama sejarah musik Barat yang dibagi dalam periode seperti Pertengahan, Renaisans, Barok, Klasik, Romantik, dan Modern, lengkap dengan tokoh komponis dan karya besar mereka. Selain itu, buku ini juga membahas aspek-aspek teknis musik seperti notasi, melodi, irama, harmoni, dan dinamika, yang menjadi dasar dalam pembelajaran musik anak. Buku ini memberikan panduan praktis dalam menggali kreativitas anak melalui pendekatan apresiatif yang disesuaikan dengan tingkatan usia anak. Buku ini juga mengacu pada teori kecerdasan ganda oleh Howard Gardner, yang menekankan bahwa kecerdasan musikal adalah salah satu dari delapan jenis kecerdasan yang saling terkait dengan kreativitas dan apresiasi seni. Dengan memahami dan mengembangkan kecerdasan musikal pada anak, pendidik dapat memperkaya proses belajar dan mengembangkan potensi kreatif anak secara holistik.
Salah satu kodrat alami manusia adalah perkembangan baik fisik pertumbuhan maupun psikisnya perkembangan kecerdasan Manusia hidup dengan akal sebagai intisari dari kecerdasan guna beradaptasi bertahan dan melangsungkan hidup bermasyarakat Alam dalam perfektif sufi diasumsikan sebagai musik kosmos musik alam kicauan burung suara angin gemercik ombak dan gerak pepohonan Sementara dalam kehidupannya baik kosmos maupun sempit manusia tidak dapat melepaskan diri dari musik karena secara alami kehidupan manusia sendiri merupakan musik hembusan napas denyut nadi detak jantung dan gerak otot Bagaimana bisa manusia menafikan keberadaan musik jika sudah melihat esensi di atas Pendidikan sebagai salah satu alternatif untuk mendekatkan kembali hubungan manusia dengan kehidupannya musik musik kosmos musik diri dan karya musik Dahulu keberadaan musik dalam konteks fungsinya bagi manusia sudah tidak terelakkan apalagi dewasa ini laju zaman seayun pertumbuhan sains dan teknologi memanfaatkan fungsi musik secara besar besaran Pemanfaatan musik sebagai media pendidikan media penyembuhan identitas sosial dll Pemberian contoh berdasarkan penelitian yang cermat seperti ilmuwan yang kompeten pada bidangnya dengan melaporkan hasil penelitian yang tertuang pada beberapa literasi yang kredibel menjadikan bukti ilmiah sebagai rujukan penulis Pembenaran fakta alamiah dalam diri manusia terkait dengan kedekatan musik dipaparkan secara ilmu dan terapannya Penambahan mengenai legalitas musik yang diberikan oleh lembaga agama terhadap musik lembaga kebenaran seni menjadi nilai tersendiri sehingga memberi semangat mempelajari musik untuk mewujudkan manusia ideal Buku ini sangat baik dibaca oleh masyarakat umum orang tua mahasiswa calon pendidik agen agen pendidikan khususnya guru SD sekolah lanjutan musik nonmusik sekalipun dan bagi pembaca luas guna menambah referensi
Jumlah Halaman | 134 |
---|---|
Kategori | Sosial |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-02-1413-4 |
eISBN | 978-623-02-1535-3 |