Dalam interaksi pembelajaran di kelas sering dijumpai adanya alih kode dan campur kode Hal tersebut dilakukan oleh siswa dan guru dalam pembelajaran Alih kode dan campur kode ini hampir tidak bisa dielakkan apalagi dalam konteks percakapan dalam kelas yang bersifat nonformal Pengaruh bahasa daerah turut memengaruhi terjadinya alih kode dan campur kode tersebut Fenomena menunjukkan bahwa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia sering terjadi alih kode dan campur kode Hal tersebut dilakukan baik secara sengaja maupun tidak sengaja Namun di balik peristiwa campur kode dan alih kode ini ternyata menyimpan fungsi tertentu Salah satu hasil yang diangkat dalam buku ini adalah peristiwa alih kode dan campur kode yang dilakukan guru dan siswa pada proses pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 11 Sidrap Sekolah tersebut mayoritas siswanya adalah bersuku Bugis sehingga dengan demikian bahasa Indonesia yang digunakan dalam interaksi kelas dipengaruhi oleh bahasa Bugis Dalam interaksi pembelajaran di kelas sering dijumpai adanya alih kode dan campur kode Hal tersebut dilakukan oleh siswa dan guru dalam pembelajaran Alih kode dan campur kode ini hampir tidak bisa dielakkan apalagi dalam konteks percakapan dalam kelas yang bersifat nonformal Pengaruh bahasa daerah turut memengaruhi terjadinya alih kode dan campur ...kode tersebut Fenomena menunjukkan bahwa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia sering terjadi alih kode dan campur kode Hal tersebut dilakukan baik secara sengaja maupun tidak sengaja Namun di balik peristiwa campur kode dan alih kode ini ternyata menyimpan fungsi tertentu Salah satu hasil yang diangkat dalam buku ini adalah peristiwa alih kode dan campur kode yang dilakukan guru dan siswa pada proses pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 11 Sidrap Sekolah tersebut mayoritas siswanya adalah bersuku Bugis sehingga dengan demikian bahasa Indonesia yang digunakan dalam interaksi kelas dipengaruhi oleh bahasa Bugis