Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep dan pentingnya pengembangan agrowisata sebagai salah satu bentuk pariwisata alternatif yang relevan dengan kondisi sosial, ekonomi, dan budaya Indonesia. Dalam konteks ini, agrowisata tidak hanya dianggap sebagai bentuk kegiatan ekonomi yang berkelanjutan, tetapi juga sebagai alat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama petani, serta menjawab tantangan kemiskinan yang berkepanjangan. Buku ini menjelaskan secara komprehensif tentang daya tarik wisata agro, hubungan antara komponen pariwisata dan daya tarik agro, serta berbagai bentuk dan jenis agrowisata yang dapat dikembangkan dan dipasarkan. Selain itu, buku ini juga memberikan gambaran tentang proses perencanaan, pengenalan, pengembangan, dan promosi daya tarik agrowisata yang efektif dan efisien, serta sesuai dengan budaya masyarakat lokal. Buku ini sangat relevan sebagai rujukan bagi pelaku pariwisata, pengusaha pertanian, akademisi, dan masyarakat umum yang ingin memahami dan memanfaatkan potensi agrowisata sebagai solusi untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.
Pariwisata adalah kegiatan yang bertujuan menyelenggarakan jasa pariwisata menyediakan dan mengusahakan daya tarik wisata usaha sarana pariwisata dan usaha lain yang terkait di bidang pariwisata Pariwisata adalah salah satu mesin penggerak perekonomian dunia yang terbukti mampu memberikan kontribusi terhadap kemakmuran sebuah negara Pembangunan pariwisata mampu menggairahkan aktivitas bisnis untuk menghasilkan manfaat sosial budaya dan ekonomi yang signifikan bagi suatu negara Ketika pariwisata direncanakan dengan baik mestinya akan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat pada sebuah destinasi Keberhasilan pariwisata terlihat dari penerimaan pemerintah dari sektor pariwisata dapat mendorong sektor lainnya untuk berkembang Dari perspektif ekonomi dampak positif pariwisata yaitu 1 mendatangkan devisa bagi negara melalui penukaran mata uang asing di daerah tujuan wisata 2 pasar potensial bagi produk barang dan jasa masyarakat setempat 3 meningkatkan pendapatan masyarakat yang kegiatannya terkait langsung atau tidak langsung dengan jasa pariwisata 4 memperluas penciptaan kesempatan kerja baik pada sektor sektor yang terkait langsung seperti perhotelan restoran agen perjalanan maupun pada sektor sektor yang tidak terkait langsung seperti industri kerajinan penyediaan produk produk pertanian atraksi budaya bisnis eceran jasajasa lain dan sebagainya 5 sumber pendapatan asli daerah dan 6 merangsang kreaktivitas seniman baik seniman pengrajin industri kecil maupun seniman tabuh dan tayang diperuntukkan konsumsi wisatawan
Jumlah Halaman | 240 |
---|---|
Kategori | Pariwisata - Tata Boga - Tata Busana |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2015 |
ISBN | 978-602-280-886-2 |
eISBN | 978-623-209-112-2 |