Logo Bacabuku
ADMINISTRASI DAN SUPERVISI PENDIDIKAN TEORI DAN PRAKTEK

ADMINISTRASI DAN SUPERVISI PENDIDIKAN TEORI DAN PRAKTEK

Sri Marmoah
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini berjudul *Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Teori dan Praktek*. Buku ini hadir dengan tujuan untuk memberikan pemahaman yang menyeluruh mengenai konsep-konsep dasar administrasi pendidikan, serta memberikan wawasan praktis mengenai pelaksanaan supervisi pendidikan dalam konteks pengelolaan sekolah yang efektif dan efisien. Buku ini terdiri dari sebelas bab yang diatur secara sistematis. Bab pertama membahas konsep dasar administrasi pendidikan, yang merupakan proses keseluruhan yang melibatkan berbagai pihak dalam penyelenggaraan pendidikan. Bab kedua sampai bab kesembilan membahas berbagai aspek penting dalam pengelolaan pendidikan, termasuk pengelolaan pendidikan dalam perspektif fungsi manajemen POAC, kepemimpinan dalam pendidikan, dan supervisi pendidikan. Bab kesepuluh berfokus pada sistem informasi manajemen pendidikan, yang menjelaskan tentang konsep, fungsi, tujuan, dan proses pengelolaan informasi dalam bidang pendidikan. Bab kebelas membahas tentang pengelolaan satuan pendidikan, yang mencakup pengelolaan kurikulum, peserta didik, kelas, serta implementasi pengelolaan secara keseluruhan. Selain itu, buku ini juga menyajikan berbagai implementasi praktis dalam administrasi pendidikan, seperti pengelolaan sarana dan prasarana sekolah, hubungan sekolah dengan masyarakat, serta administrasi keuangan dan kegiatan lainnya yang mendukung penyelenggaraan pendidikan secara optimal. Buku ini sangat relevan bagi para mahasiswa, calon pendidik, dan praktisi pendidikan yang ingin memperdalam pemahaman mereka tentang peran administrasi dan supervisi dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan struktur yang terorganisir dan penjelasan yang jelas, buku ini menjadi sumber referensi yang bermanfaat dalam membangun kapasitas dan kompetensi dalam bidang pendidikan.

Sinopsis ebook

Buku ini disusun menjadi sebelas bab dan diuraikan menurut urutan sebagai berikut pada bab satu membahas tentang konsep dasar administrasi pendidikan Bab satu ini diisi dengan pembahasan sebagai berikut pengertian administrasi dasar dasar administrasi pengertian administrasi pendidikan latar belakang diperlukan administrasi pendidikan tujuan administrasi pendidikan fungsi administrasi pendidikan ruang lingkup adminstrasi pendidikan dan implementasi pendidikan Bab dua membahas tentang konsep administrasi sekolah unsurunsur admisntrasi dan garapan sekolah dimana bab ini sebagai bahan untuk memperkuat pemahaman tentang teori teori yang mendukung permasalahan dalam penulisan buku teks Bab dua ini diisi dengan pembahasan sebagai berikut unsur unsur adminstrasi pengertian administrasi sekolah fungsi administrasi sekolah bidang garapan administrasi sekolah penggolongan adminstrasi sekolah rung lingkup administrasi sekolah dan kesimpulan Bab tiga membahas tentang administrasi keuangan sekolah sarana prasarana dan hubungan sekolah dengan masyarakat Bab tiga ini diisi dengan pembahasan sebagai berikut administrasi keuangan sekolah administrasi sarana prasana sekolah hubungan sekolah dengan masyarakat implementasi administrasi keuangan sekolah implementasi adminstrasi garapan sekolah implementasi hubungan sekolah dengan masyarakat dan kesimpulan Bab empat membahas tentang pengelolaan pendidikan dalam perspektif fungsi manajemen POAC Bab empat ini diisi dengan pembahasan sebagai berikut pengelolaan pendidikan pengertian pengelolaan pendidikan fungsi manajemen pengelolaan pendidikan dalam perspektif POAC pengelolaan pendidikan dalam perspektif disekolah dan kesimpulan Bab lima membahas tentang kepemimpinan dalam pendidikan Bab lima ini membahas hal hal berikut pengertian pemimpin pendidikan hakikat pengambilan keputusan peran kepemimpinan dalam pengambilan keputusan dan implementasi kepemimpinan pendidikan Bab enam membahas tentang supervisi pendidikan Bab enam ini diisi dengan pembahasan sebagai berikut supervisi pendidikan tujuan supervisi pendidikan prinsip prinsip supervisi pendidikan peranan supervisi pendidikan implementasi pelaksanaan supervisi di sekolah dan kesimpulan Bab tujuh membahas tentang organisasi manajemen pendidikan Bab tujuh ini diisi dengan pembahasan sebagai berikut pengertian organisasi pengertian manajemen pendidikan tujuan manajemen pendidikan dan kesimpulan Bab delapan membahas tentang hubungan administrasi dan supervisi pendidikan Bab delapan ini diisi dengan pembahasan sebagai berikut pengertian adminstrasi pendidikan pengertian supervisi pendidikan hubungan adminstrasi dan supervisi pendidikan dan kesimpulan Bab sembilan membahas tentang evaluasi pendidikan input proses dan output Bab sembilan ini diisi dengan pembahasan sebagai berikut pengertian evaluasi pendidikan tujuan evaluasi pendidikan pengertian input pendidikan pengertian proses pendidikan pengertian output pendidikan sistem input sistem proses sistem output dan kesimpulan Bab sepuluh membahas tentang sistem informasi manajemen pendidikan Bab sepuluh ini diisi dengan pembahasan sebagai berikut pengertian sistem pengertian sistem informasi manajemen pengertian sistem informasi manajemen pendidikan cakupan sistem informasi manajemen pendidikan fungsi sistem informasi manajemen pendidikan tujuan sistem informasi manajemen pendidikan nilai lebih sistem informasi manajemen pendidikan proses sistem informasi manajemen pendidikan dan kesimpulan Bab sebelas membahas tentang pengelolaan satuan pendidikan Bab sebelas ini diisi dengan pembahasan sebagai berikut pengelolaan kurikulum pengelolaan peserta didik indentifikasi kegiatan mengatur siswa jenis jenis kegiatan dalam administrasi kesiswaan pengelolaan kelas dan implementasi pengelolaan satuan pendidikan

Detail Buku

Jumlah Halaman 283
Kategori Pendidikan
Penerbit Deepublish
Tahun Terbit 2016
ISBN 978-602-401-510-7
eISBN 978-623-209-025-5
ADMINISTRASI DAN SUPERVISI PENDIDIKAN TEORI DAN PRAKTEK

ADMINISTRASI DAN SUPERVISI PENDIDIKAN TEORI DAN PRAKTEK

Sri Marmoah