Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara menyeluruh tentang tiga aspek utama dalam dunia pendidikan, yaitu *Administrasi Pendidikan*, *Manajemen Pendidikan*, dan *Kepemimpinan Pendidikan*. Buku ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang konsep, teori, dan praktik dalam bidang-bidang tersebut, serta menjelaskan perbedaan dan hubungan antara administrasi, manajemen, dan kepemimpinan dalam konteks pendidikan. Buku ini terdiri dari beberapa bab yang diatur secara sistematis. Bab pertama menjelaskan filsafat dan konsep administrasi pendidikan, termasuk perbedaan antara administrasi dengan manajemen dan kepemimpinan. Bab berikutnya membahas perkembangan teori manajemen dan model manajemen pendidikan, serta model kepemimpinan yang tepat dalam konteks pendidikan. Selanjutnya, buku ini menjelaskan perencanaan pendidikan, termasuk tujuan, manfaat, jenis, dan pendekatan perencanaan pendidikan. Bab terakhir membahas perencanaan strategik, termasuk pengertian, tujuan, manfaat, dan proses perencanaan strategik dalam pendidikan. Selain itu, buku ini juga menjelaskan tentang pengorganisasian, termasuk pengertian, tujuan, karakteristik, tipe, dan perbedaan antara organisasi formal dan nonformal. Buku ini juga membahas perilaku individu dalam organisasi dan pengembangan organisasi dalam konteks pendidikan. Secara keseluruhan, buku ini merupakan sumber yang sangat bermanfaat bagi para pendidik, manajer pendidikan, calon pemimpin, dan semua pihak yang tertarik dalam memahami konsep, teori, dan praktik administrasi, manajemen, dan kepemimpinan dalam dunia pendidikan. Buku ini dirancang untuk memberikan wawasan yang komprehensif dan aplikatif bagi pembaca.
Buku ini berisikan teori administrasi manajemen dan kepemimpinan yang bersifat umum sehingga bermanfaat bagi masyarakat yang ingin menambah wawasannya di ketiga bidang tersebut Selanjutnya administrasi manajemen dan kepemimpinan diterapkan ke bidang pendidikan menjadi administrasi manajemen dan kepemimpinan pendidikan sehingga bermanfaat bagi masyarakat yang bergerak dan peduli dengan pendidikan Buku ini diawali dengan sekolah sebagai sistem sosial terbuka sehingga penyelesaian permasalahan sekolah tidak tambal sulam tetapi menyeluruh mendalam dan terpadu dengan unsur rasional dan natural sehingga tujuan administrasi sekolah yang Biaya hemat efisien Mutu hebat efektif Waktu tepat efektif dan efisien atau disingkat menjadi BMW dapat dicapai Dengan memandang sekolah sebagai sistem sosial terbuka dapat disusun sistematika buku ini berdasarkan input proses dan output Buku ini juga membahas filsafat Administrasi Pendidikan AP yang meliputi ontologi aksiologi dan epistemologi AP
Jumlah Halaman | 332 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Bumi Aksara |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-602-444-606-2 |
eISBN | 978-623-328-054-9 |