Sinopsis Buku: Buku ini dirancang sebagai panduan praktis bagi guru BK dan konselor sekolah dalam melaksanakan layanan bimbingan klasikal berbasis pendidikan karakter di tingkat SMP. Buku ini menghadirkan berbagai metode dan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif, sehingga dapat meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam proses belajar-mengajar, serta menciptakan suasana kelas yang dinamis dan menyenangkan. Buku ini terdiri dari 11 tema utama, masing-masing membahas aspek-aspek penting dalam perkembangan spiritual, sosial, dan akademik peserta didik. Tema-tema tersebut antara lain: *Tuhan Selalu Hadir dalam Hidupku*, *Bersyukur dengan Hati yang Ikhlas*, *Cara Belajar di Sekolah Baru*, *Kiat Mencari dan Disenangi Teman*, *Adaptasi di Lingkungan Sekolah Baru*, *Nilai Suatu Sikap Kejujuran*, *Cita-cita Karierku*, *Tanggung Jawab Seorang Siswa*, *Masa Remaja dan Perubahannya*, *Pentingnya Disiplin Belajar*, dan *Cara Mengatur Waktu*. Setiap tema dilengkapi dengan rencana pelaksanaan layanan (RPL), metode pembelajaran, media yang digunakan, serta penilaian proses dan hasil. Salah satu metode yang digunakan adalah permainan kartu (+) dan kartu (-), yang bertujuan untuk memperkuat sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu, peserta didik juga diminta membuat video pendek yang menunjukkan penerapan perilaku positif sebagai bagian dari iman dan takwa. Buku ini juga memuat penguatan moral, pesan moral, dan kesimpulan setiap tema, serta dilengkapi dengan penilaian proses dan hasil untuk mengevaluasi kemampuan peserta didik dalam menerapkan nilai-nilai keagamaan dan karakter yang baik. Dengan pendekatan yang inovatif dan kreatif, buku ini diharapkan dapat menjadi referensi yang bermanfaat bagi guru BK, konselor, dan mahasiswa fakultas bimbingan dan konseling dalam melaksanakan layanan bimbingan klasikal, serta dalam penyusunan penelitian tindakan bimbingan dan konseling.
Sinopsis Buku: Buku ini dirancang sebagai panduan praktis bagi guru BK dan konselor sekolah dalam melaksanakan layanan bimbingan klasikal berbasis pendidikan karakter di tingkat SMP. Buku ini menghadirkan berbagai metode dan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif, sehingga dapat meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam proses belajar-mengajar, serta menciptakan suasana kelas yang dinamis dan menyenangkan. Buku ini terdiri dari 11 tema utama, masing-masing membahas aspek-aspek penting dalam perkembangan spiritual, sosial, dan akademik peserta didik. Tema-tema tersebut antara lain: *Tuhan Selalu Hadir dalam Hidupku*, *Bersyukur dengan Hati yang Ikhlas*, *Cara Belajar di Sekolah Baru*, *Kiat Mencari dan Disenangi Teman*, *Adaptasi di Lingkungan Sekolah Baru*, *Nilai Suatu Sikap Kejujuran*, *Cita-cita Karierku*, *Tanggung Jawab Seorang Siswa*, *Masa Remaja dan Perubahannya*, *Pentingnya Disiplin Belajar*, dan *Cara Mengatur Waktu*. Setiap tema dilengkapi dengan rencana pelaksanaan layanan (RPL), metode pembelajaran, media yang digunakan, serta penilaian proses dan hasil. Salah satu metode yang digunakan adalah permainan kartu (+) dan kartu (-), yang bertujuan untuk memperkuat sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu, peserta didik juga diminta membuat video pendek yang menunjukkan penerapan perilaku positif sebagai bagian dari iman dan takwa. Buku ini juga memuat penguatan moral, pesan moral, dan kesimpulan setiap tema, serta dilengkapi dengan penilaian proses dan hasil untuk mengevaluasi kemampuan peserta didik dalam menerapkan nilai-nilai keagamaan dan karakter yang baik. Dengan pendekatan yang inovatif dan kreatif, buku ini diharapkan dapat menjadi referensi yang bermanfaat bagi guru BK, konselor, dan mahasiswa fakultas bimbingan dan konseling dalam melaksanakan layanan bimbingan klasikal, serta dalam penyusunan penelitian tindakan bimbingan dan konseling.
Jumlah Halaman | 160 |
---|---|
Kategori | Psikologi |
Penerbit | Cakrawala Satria Mandiri |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-92865-5-2 |
eISBN |